TKI Dilarang Keras Bekerja ke Malaysia

by
December 5th, 2012 at 11:56 am

Jakarta (CiriCara.com) – Perlakuan Negeri Jiran terhadap para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) memaksa Pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan pengiriman tenaga kerja ke Malaysia.

Seruan pemerintah ini ditujukan kepada setiap TKI agar tidak bekerja lagi sebagai pembantu di Malaysia. Langkah tersebut diambil terkait pembebasan 105 perempuan hidup yang berada dalam kesulitan dan bekerja tanpa gaji.

Dilansir dari The Sun Daily oleh Merdeka.com, 95 orang tenaga kerja wanita itu berasal dari Indonesia, 6 dari Filipina, dan 4 dari Kamboja. Mereka dibebaskan setelah disekap di sebuah gedung dekat dengan Kuala Lumpur selama berhari-hari.

Bisnis

Kasus ini tentu saja menambah daftar panjang pelecehan Malaysia terhadap Indonesia. Tiga tahun lalu, Indonesia sempat menyetop pengiriman TKI ke Malaysia. Namun akhirnya, tahun lalu larangan pengiriman TKI ke Negeri Jiran itu dicabut.

Peringatan itu sempat dicabut karena Malaysia mengumbar janji akan memberikan perlindungan terhadap TKI dan memberi pekerjaan layak. Tapi tetap saja, aksi kekerasan masih sering dialami oleh para TKI terutama mereka yang berangkat dengan cara ilegal.

Surya Sastradiredja, juru bicara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia mengatakan bahwa Malaysia selalu meminta tambahan tenaga kerja dari Indonesia namun tidak pernah memberi perlindungan yang layak bagi para TKI.

“Pemerintah Malaysia harus mengambil langkah tegas atau lebih baik tenaga kerja asal Indonesia tidak bekerja di Malaysia,” ujarnya seperti dikutip Merdeka.com.

Para pekerja yang disekap di dalam gedung itu memang datang tanpa izin ke Malaysia. Setelah dibebaskan, para pekerja akan dikirim kembali ke Indonesia.

Sejak larangan tentang pengiriman TKI ke Malaysia digalakan tahu lalu, sudah ada lebih dari seratus tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja melalu jalur resmi.

Walau cara itu sudah mengurangi kasus pemberian gaji murah dan penyiksaan terhadap TKI, Suryana masih khawatir tentang adanya ribuan TKI ilegal yang tetap datang ke Malaysia lewat jalur tidak resmi. Biasanya para pekerja ilegal ini akan mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dan gaji yang rendah atau bahkan tidak dibayar sama sekali.

Beberapa waktu lalu, TKI kembali dilecehkan dengan kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh tiga orang polisi Malaysia. Sebelumnya, di Negeri Jiran itu juga sempat beredar selebaran TKI murah yang dinilai sangat merendahkan bangsa Indonesia. (RN)

Comment di sini