5 Bencana yang Bisa Datang Lewat Facebook

by
December 6th, 2012 at 9:56 am

CiriCara.com – Meluncur pada 2004, Facebook dalam waktu yang relatif singkat membuat banyak orang jatuh cinta dan kecanduan.

Situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg   ini menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Pada Oktober 2012, Indonesia tercatat sebagai negara pengguna Facebook terbesar keempat di dunia dengan jumlah pengguna mencai 47,5 juta orang.

Memang, tak semua akun Facebook di Indonesia asli. Banyak yang membuat akun Facebook palsu karena beragam alasan. Selingkuh salah satunya.

Selain mendatangkan kebaikan, Facebook juga bisa mendatangkan bencana jika disalahgunakan. Berikut adalah sejumlah bencana yang bisa datang lewat Facebook:

1. Putus

Selain di dunia nyata, selingkuh juga bisa dilakukan di dunia maya. Banyak hubungan asmara pemuda-pemudi yang harus kandas karena salah satu pihak ketahuan selingkuh di Facebook. Banyak orang merasa mereka akan aman jika berselingkuh lewat Facebook. Tapi, sepandai-pandainya tupai meloncat, bisa jatuh juga. Faktanya, sebagian besar pasangan selingkuh di Facebook bisa ketahuan, baik lewat pengintaian ataupun secara tidak sengaja.

2. Cerai

Bencana yang satu ini adalah versi serius bencana nomor 1. Cerai hanya gara-gara Facebook itu konyol sekaligus memalukan. Pernikahan adalah sesuatu yang sakral, beda dengan hubungan pacaran. Bila sudah menikah namun masih coba-coba cari kesempatan dalam kesempitan lewat Facebook, lebih baik dulu tak usah menikah. Banyak godaan di Facebook memang, tapi itu tak bisa jadi alasan.

 3. Penipuan

Saat ini banyak toko online abal-abal yang mencari mangsa lewat Facebook. Mengingat banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, predator online ini selalu bisa mendapatkan kesempatan untuk mengelabui mereka yang kurang waspada dan pengetahuan. Berhati-hatilah jika ingin membeli barang lewat Facebook. Simak 5 Hal Berbahaya saat Belanja Online agar kamu lebih waspada.

 4. Pemalsuan

Walaupun Facebook menyediakan kolom alamat rumah, nomor telepon, dan hal-hal detail lainnya, kamu tak perlu mengisi semuanya di halaman profil. Bisa-bisa orang memanfaatkan identitas lengkapmu untuk melakukan pemalsuan. Bisa juga rumahmu didatangi orang yang mengaku kenal dan melakukan hal jahat, padahal ia hanya melihat profil Facebook-mu.

 5. Bunuh diri

Bunuh diri adalah hal terparah yang bisa terjadi karena Facebook. Di zaman digital seperti sekarang ini, kasus bullying bisa terjadi di dunia maya. Bila tidak memiliki mental yang kuat, pengguna Facebook yang di-bully bisa putus asa dan mengakhiri hidupnya dengan cara yang mengerikan. Jangan pernah mem-bully teman Facebook. Jika ada teman yang di-bully, belalah dia, berikan perlindungan, karena kita tak tahu apa yang akan terjadi kemudian bila aksi bullying terus-terusan dilakukan.

Itulah 5 bencana yang bisa datang lewat Facebook. Sebagai pengguna, kita wajib waspada dan kritis. Jadilah pengguna Facebook yang cerdas dan gali manfaat yang dikandung di dalamnya.

(hp)

Comment di sini