CiriCara: Cara Tepat Mengolah Cumi-Cumi

by
December 6th, 2012 at 3:49 pm

CiriCara.com – Masakan dari olahan cumi-cumi cukup banyak diminati oleh para pecinta makanan laut (seafood). Rasanya yang kenyal dan gurih membuat banyak orang suka dengan cumi-cumi. Mau tahu cara mengolah cumi-cumi yang benar?

Hal tersulit dalam mengolah cumi-cumi untuk jadi makanan adalah membersihkan dan juga memasaknya. Jika tidak teliti saat mencucinya, daging cumi-cumi bisa berubah jadi hitam karena terkena cairan tintanya.

Berikut cara mengolah cumi-cumi yang benar:

1. Memilih cumi-cumi

Saat membeli cumi-cumi di pasar, Anda harus pandai dalam memilih cumi-cumi yang masih segar. Tanda dari cumi yang segar adalah badannya terasa kenyal, berwarna keunguan bertitik-titik hitam (untuk cumi-cumi ukuran kecil), dan berwarna putih dengan sedikit titik-titik hitam (untuk cumi-cumi besar, 20 cm). Cumi yang layu dan tidak mengkilap biasanya sudah hampir busuk.

2. Kenali karakter daging cumi-cumi

Sebelum Anda memasak, perlu diketahui bahwa cumi-cumi akan menciut usai diolah. Jadi, Anda tidak perlu bingung jika nantinya cumi-cumi yang dibeli menjadi lebih sedikit setelah dimasak. Hal ini dikarenakan jumlah kandungan air pada cumi-cumi berkurang karena proses memasak.

3. Membersihkan cumi-cumi

Ada beberapa langkah mencuci cumi-cumi yang harus Anda ikuti dengan benar:
- Pisahkan kepala dari badan cumi dengan menariknya perlahan. Buang kantung tinta yang terdapat di bawah rahang dengan pisau.
- Masukkan telunjuk ke dalam kantung tubuh cumi dan tarik keluar kotoran yang ada di dalamnya. Bentuk kotoran itu adalah bulatan kecil.
- Di dalam tubuh cumi terdapat tulang rawan di bagian punggung sebelah dalam. Tarik tulang tersebut untuk mengelupas lapisan kulit cumi yang berwarna ungu. Bersihkan kulit sehingga cumi berubah warna jadi putih.
- Cuci semua bagian cumi yang akan dimasak menggunakan air mengalir sampai bersih.

4. Memasak cumi-cumi:

- Masukkan cumi yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan. Taburkan sedikit garam dan gula pasir, nyalakan api kecil, dan tutup wajan. Pada proses ini cumi akan mengeluarkan air. Setelah airnya surut, tuang sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Bolak-balik hingga airnya betul-betul kering.
- Setelah cumi kering dan sudah ditiriskan, Anda bisa mengolahnya menjadi masakan yang diinginkan. Bisa juga dipadukan dengan bahan lainnya, lihat resepnya di sini.

Itulah beberapa cara yang harus Anda ikuti saat mengolah cumi-cumi. Semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda menyajikan masakan spesial untuk keluarga.

(YG)

Comment di sini