CiriCara: Ciri-ciri Air Tidak Layak Minum

by
December 6th, 2012 at 11:24 am

CiriCara.com – Air bersih dan air layak minum merupakan dua hal yang harus Anda dapatkan. Air minum merupakan air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Air yang memenuhi persyaratan bagar bisa diminum yaitu tidak tercemar oleh bakteri, seperti E.coli atau zat-zat berbahaya lainnya.

Walaupun bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 derajat celcius, tetapi banyak zat berbahaya, terutama logam yang tidak bisa dihilangkan dengan cara mendidihkan air. Jadi, air yang akan digunakan untuk air minum itu tidak bisa sembarang air. Misalnya, air di rumah Anda berasal dari air tanah yang diambil menggunakan jetpump. Meskipun secara kasat mata tampak jernih, tapi belum tentu air itu layak untuk dikonsumsi. Ketahuilah bahwa kondisi lingkungan di sekitarnya sangat menentukan kualitas air.

Untuk mengetahui air seperti apa yang tidak layak Anda minum, sebaiknya simak ciri-ciri berikut ini:

1. Berbau

Air yang tidak layak diminum itu salah satunya adalah berbau. Bau airnya menyerupai bau selokan. Jika air di rumah Anda sudah berbau seperti itu, maka disarankan untuk tidak mengosnsumsinya.

2. Terasa getir

Air yang layak minum itu terasa segar ketika Anda meminumnya. Selain itu, airnya juga tidak terasa getir di lidah. Jika Anda meminum sedikit air dan merasakan getir di lidah, maka disarankan untuk tidak mengonsumsinya kembali. Air yang terasa getir itu bisa saja mengandung zat-zat yang bisa membahayakan kesehatan.

3. Menimbulkan iritasi pada kulit

Air yang bersih itu tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Jika setelah Anda mandi timbul gatal-gatal, maka sudah dipastikan bahwa air tersebut tidak bersih. Air yang menyebabkan Anda seperti itu bisa saja mengandung zat-zat berbahaya. Jika sudah seperti itu, maka Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

4. Warnanya berubah setelah 2 hari

Saat air yang didapat berwarna jenih dan setelah 2 hari didiamkan menjadi berubah warna, hal tersebut petanda bahwa air tidak bersih. Air yang berubah warna itu karena mengandung bakteri jahat yang bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.

5. Mengandung bakteri patogen

Bakteri patogen yang tercantum dalam keputusan menteri kesehatan yaitu Escherichia colli, Clostridium perfringens, dan Salmonella. Bakteri patogen tersebut bisa membentuk racun setelah beberapa jam sehingga menyebabkan muntaber.

Itulah ciri-ciri air yang tidak layak Anda konsumsi. Jika Air di rumah Anda terdapat ciri-ciri seperti itu, maka jangan memaksakan untuk mengonsumsinya. Anda harus menggunakan air yang lebih bersih lagi agar bisa dikonsumsi. Untuk menguji kualitas air di rumah, Anda juga bisa mengujinya sendiri. (NR)

Comment di sini