Pembatasan Plat Nomor Ganjil-Genap di Jakarta Berlaku 2013

by
December 6th, 2012 at 4:54 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Demi mengurangi angka kemacetan di Jakarta, ide pembatasan plat nomor ganjil-genap pada kendaraan pribadi dan sepeda motor akan segera diberlakukan. Rencananya, kebijakan tersebut akan berlaku pada 2013 mendatang.

Hingga saat ini pematangan kebijakan plat nomor ganjil-genap ini masih dalam proses pembahasan. Masih terjadi perdebatan mengenai tanggal pasti pemberlakuan kebijakan tersebut.

“Tadi kan katanya kalau Januari (2013) terlalu mepet, tapi Juni kelamaan,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (6/12/2012).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengusulkan, kebijakan tersebut bisa mulai diberlakukan pada bulan Januari ataupun Maret. “Kebijakan ini akan berlaku pada Januari 2013, ya paling lambat Maret lah,” usulnya saat rapat rencana pembatasan plat nomor kendaraan di Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu, pengamat transportasi Darmaningtyas mengusulkan agar kebijakan tersebut mulai diberlakukan pada bulan Juni, bertepatan dengan hari ulang tahun Jakarta. Menurutnya, pihak Pemprov DKI Jakarta masih harus melakukan sejumlah persiapan untuk menopang kebijakan tersebut.

“Saya inginya pas ulang tahun Jakarta (22 Juni 2013). Asal sosialisasinya jalan, busway nambah, fasilitasnya juga diperbaiki,” usul Darmaningtyas saat mengikuti rapat tersebut.

Jika nantinya kebijakan plat nomor ganjil-genap ini berlaku, maka hanya kendaraan tertentu saja yang diperbolehkan melaju di jalanan Jakarta. Pasalnya, sistem ganjil-genap ini akan menjadwal setiap kendaraan yang diperbolehkan untuk beroperasi setiap harinya. Plat nomor ganjil ataupun genap akan mempunyai waktunya sendiri-sendiri.

Apakah kebijakan pembatasan plat nomor ganjil-genap ini akan efektif untuk mengatasi kemacetan di Jakarta?

(YG)