3 Hal yang Harus Dihindari dalam Berwirausaha

by
December 7th, 2012 at 1:06 pm

CiriCara.com – Berwirausaha merupakan salah satu cara untuk bisa menjadi sukses. Banyak kisah sukses di balik sepak terjang para wirausahawan yang membuat orang tertarik untuk berkecimpung di dalamnya. Namun, pada kenyataannya untuk memulai berwirausaha tak semudah yang dibayangkan. Banyak faktor yang harus Anda lakukan agar bisa bertahan pada usaha yang dijalankan.

Wirausahawan dituntut untuk tidak pantang menyerah dalam memasarkan barang dagangannya agar tidak tenggelam dengan para pesaingnya. Selain itu, wirausahawan juga harus jeli melihat peluang yang menjadi faktor penting saat memulai usaha. Dilansir Klubnova.Tabloidnova.com, Laksita Utama mengatakan bahwa selain untuk menggapai kesuksesan, berwirausaha juga bertujuan membantu masyarakat dengan memberikan solusi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhannya.

Bagi Anda yang akan memulai membuka usaha, disarankan untuk memperbanyak referensi agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dapat memperlambat atau mematikan bisnis. Selain itu ada 3 hal yang harus Anda hindari saat berwirausaha. Apa saja? Dilansir sumber yang sama, inilah 3 hal yang harus Anda hindari:

1. Mudah merasa puas

Saat seseorang sudah memilih bidang apa yang akan ditekuni, biasanya dia akan mencari cara agar produk yang dijualnya mampu mencuri perhatian konsumen. Dalam hal ini, Anda harus memiliki keunggulan bersaing. Saat sudah unggul dalam bersaing, biasanya pebisnis hanya memusatkan perhatian kepada usahanya, tanpa ikut memperhatikan geliat bisnis lain yang ada di sekitarnya. Hal tersebut membuat pebisnis mudah merasa puas.

Mudah merasa puas dengan pencapaiannya akan membuat pelanggan tidak kembali mengonsumsi barang yang ditawarkan. Untuk mendapatkan konsumen yang tetap, Anda harus memperhatikan bebebrapa unsur, antara lain product, place, promotion, price, dan people. Kelima hal tersebut harus Anda sesuikan dengan kebutuhan masyarakat.

2. Menghindari pesaing

Saat membuka bisnis, Anda harus bisa bersaing dengan para pebisnis lainnya. Untuk itu, Anda disarankan untuk jeli dan pandai memahami pasar dan kemauan para konsumen. Memilih produk untuk bisnis membutuhkan begitu banyak perhitungan. Sebelum Anda memutuskan jenis barang atau jasa apa yang akan ditekuni, ketahuilah terlebih dahulu atmosfer bisnis dari masing-masing produk.

Laksita mengatakan bahwa memilih produk yang tidak dibutuhkan pasar dalam jumlah banyak, berarti waktu yang diperlukan untuk mengembangkan usaha semakin panjang. Berbisnis dalam bidang yang langka membuat hati tenang karena sedikitnya pesaing. Namun, di sisi lain, pebisnis membutuhkan kesabaran karena produk yang dijual masih asing di telinga atau mata masyarakat. Produk yang memiliki peluang bagus untuk dijual pasti ramai akan persaingan, namun masyarakat tidak asing lagi dan permintaan masyarakat pun sudah jelas ada.

3. Tidak gigih

Berbagai cara sudah dilakukan tapi belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya kegigihan Anda dalam berwirausaha. Banyak pebisnis yang sekedar memiliki usaha, tapi tidak memiliki niat untuk mengembangkannya. Jika usaha yang dilakukan tidak berkembang, maka penjualan dan permintaan dari konsumen tidak kunjung tinggi. Padahal, Anda sudah menawarkan produk, tempat, harga, dan faktor lain yang bagus untuk konsumen. Penyebabnya adalah Anda kurang gigih  untuk mengembangkan bisnis yang dijalani.

Itulah 3 hal yang harus Anda hindari jika ingin menjadi wirausahawan. Perlu Anda ingat bahwa jiwa bisnis dan keinginan untuk sukses itu harus ditanam penuh dalam diri sebelum memulai usaha. Ada niat yang kuat dan tidak pantang menyerah, kemungkinan besar bisnis akan berhasil nantinya. (NR)

Comment di sini