Andi Mallarangeng Jadi Tersangka Kasus Korupsi Hambalang

by
December 7th, 2012 at 8:47 am

Jakarta (CiriCara.com)Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bahwa status hukum Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Mallarangeng telah menjadi tersangka kasus korupsi Hambalang.

“Iya sudah benar, jadi AAM (Andi Alfian Malarangeng) itu sudah dicekal. Dan khusus untuk AAM telah ditetapkan menjadi tersangka berdasarkan sprindik,” ujar Abraham seperti dikutip wawancara di MetroTV oleh Inilah.com pada Kamis, 6 Desember 2012.

Keputusan penetapan Andi sebagai tersangka juga tertulis dalam surat bernomor 4569/01-23.12.2012 tertanggal 3 Desember 2012 yang dikeluarkan oleh KPK dengan bunyi:

Diberitahukan bahwa saat ini KPK sedang melaksanakan penyidikan Tipikor terkait pembangunan pengadaan peningkatan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang tahun anggaran 2010-2012 yang dilakukan tersangka Andi Alfian Mallarangeng selaku Menpora atau pengguna anggaran pada Kemenpora dan kawan-kawan sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 UU Tipikor.

Guna kepentingan penyidikan dimohon bantuannya untuk mencegah atau bepergian melarang ke luar negeri terhadap tiga orang dengan identitas sebagai berikut:

1. Andi Mallarangeng.
2. Andi Zulkarnaen Mallarangeng.
3. Muhammad Arief Taufikurahman.”

Selain Andi Mallarangeng ada dua orang lainnya yang dicekal yaitu Andi Zulkarnaen Mallarangeng dan Muhammad Arief Taufikurahman. Namun begitu, Abraham menegaskan bahwa dari ketiga orang yang dicekal, Andi Zulkarnaen Mallarangeng belum menjadi tersangka sepenuhnya.

Sebelum ditetapkan menjadi tersangka, Andi Mallarangeng dilarang untuk bepergian ke luar negeri berkaitan dengan penyelidikan kasus dugaan korupsi pembangunan Hambalang.

Permintaan pelarangan bepergian ke luar negeri ini telah dikirimkan ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham pada 3 Desember 2012. Dalam surat pencegahan dalam surat itu, status Menpora Indonesia ini juga ditulis sebagai tersangka kasus korupsi. (RN)

Comment di sini