Andi Mallarangeng Mengundurkan Diri dari Kursi Menpora

by
December 7th, 2012 at 2:15 pm

Jakarta (CiriCara.com)Andi Mallarangeng selaku Menteri Pemuda dan Olahraga, kini telah terbukti menjadi tersangka atas kasus korupsi untuk proyek Hambalang.

Karena kasus ini juga, Andi Mallarangeng mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat.

Pengajuan pengunduran diri ini telah disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Jumat, 7 Desember 2012 pagi.

“Sehubungan dengan pengumuman penetapan KPK tentang pencekalan saya kemarin, tanggal 6 Desember, maka saya telah menghadap Bapak Presiden dan mengajukan surat pengunduran diri saya,” kata Andi dalam jumpa pers di Kemenpora, Jakarta, Jumat 7 Desember 2012 seperti dikutip oleh Kompas.com.

Menurut Andi Mallarangeng, pencekalan dirinya oleh KPK membuatnya tidak efektif dalam menjalankan tugas untuk membantu kinerja Pemerintah SBY.

Andi Mallarangeng dicekal KPK dan dilarang bepergian ke luar negeri selama enam bulan. Penetapan ini sudah ditulis dalam surat permohonan pencegahan yang dikirim KPK kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Di dalam surat tersebut bernomor 4569/01-23.12.2012 dengan tanggal 3 Desember 2012 itu, Andi disebutkan sebagai tersangka atas kasus korupsi dalam pembangungan proyek Hambalang.

Walau Andi Mallarangeng sudah ditetapkan menjadi tersangka, KPK tetap akan melakukan penyidikan tindak pidana korupsi terkait dengan pembangungan pengadaan sarana dan prasarana Hambalang yang menggunakan dana dari Kemenpora.

Andi Mallarangeng terbukti melanggar Pasal 2 dan 3 UU Tipikor dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Mantan Juru Bicara Presiden ini dijerat bersama dengan adiknya Andi Zulkarnain Mallarangeng dan Muhammad Arif Taufikurrahman. (RN)

 

Comment di sini