Andi Mallarangeng Terancam 20 Tahun Penjara

by
December 7th, 2012 at 11:54 am

Jakarta (CiriCara.com) – Andi Mallarangeng telah ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka baru atas kasus korupsi proyek Hambalang.

Andi yang juga merupakan Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat ini dijerat dengan pasal penyalahgunaan wewenang dan usaha untuk memperkaya diri sendiri.

“Dijerat dengan pasal 2 dan 3 UU Tipikor,” ujar Ketua KPK Abraham Samad, Kamis, 6 Desember 2012 seperti dikutip Inilah.com.

Di dalam Pasal 2 UU 31 tahun 1999 yang telah diubah dalam UU 20 tahun 2001 itu menyebutkan bahwa:

“Setiap orang yang melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara dipidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama dua puluh tahun.”

Sementara di dalam Pasal 3 UU 31 Tahun 1999 juga menyebutkan:

“Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan yang ada padanya, yang dapat merugikan keuangan negara maka dipidana paling singkat satu tahun dan paling lama 20 tahun.”

Selain ditetapkan sebagai tersangka, Andi Mallarangeng juga dicegah bepergian ke luar negeri bersama adiknya Andi Zulkarnain Mallarangeng dan Muhammad Arif Taufikurrahman dari PT. Adhi Karya.

Walau dicatut dalam nama tersangka, namun Andi Zulkarnain Mallarangeng belum ditetapkan sepenuhnya menjadi tersangka.

Dengan penetapan Andi Mallarangeng sebagai tersangka kasus korupsi proyek Hambalang, ia resmi mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat hari ini, Jumat, 7 Desember 2012.

Comment di sini