CiriCara: Cara Menyimpan Kopi yang Benar

by
December 7th, 2012 at 2:11 pm

CiriCara.comKopi memang sangat nikmat dan disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasa kopi yang nikmat itu dihasilkan dari perjalanan proses pengolahan biji kopi. Namun, mutu biji kopi tergantung bagaimana Anda menyimpannya dengan benar. Kopi sangat sensitif dengan berbagai perlakuan yang bisa membuatnya kehilangan kualitas terbaik.

Dua musuh terbesar biji kopi adalah udara dan kelembapan. Idealnya, kopi harus digiling, diseduh, dan dikonsumsi dengan cepat untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Untuk itu, Anda harus cerdas menyimpan kopi agar mendapatkan cita rasa terbaik. Bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

1. Simpan di udara yang sejuk

Setelah segel kopi dibuka, Anda bisa memindahkan kopi ke wadah yang bersih, kering, dan menutupnya rapat-rapat. Simpan dalam tempat yang tidak terkena udara, panas, lembap, dan terkena cahaya agar kopi tetap terasa nikmat saat diseduh. Bila perlu, Anda menyimpannya di toples keramik. Menyimpan kopi pada suhu rendah juga membantu mereka mempertahankan tingkat kesegarannya.

2. Menjauhkan dari makanan yang beraroma tajam

Anda disarankan untuk tidak menaruh biji kopi bersebelahan dengan makanan yang beraroma tajam, seperti bawang putih dan bumbu-bumbu dapur lain. Biji kopi menyerap bau-bauan. Ketika Anda menaruh bersebelahan dengan unsur-unsur yang berbau tajam itu bisa mengubah aroma lezat kopi tersebut.

3. Jangan terlalu lama menyimpannya

Anda disarankan untuk tidak membeli atau menggiling kopi sampai berkilo-kilogram. Tujuannya adalah untuk menjaga kesegaran kopi. Kopi jika terlalu lama didiamkan, cita rasanya akan berkurang. Selain itu, jangan terlalu lama juga mengonsumsinya dari proses penggilingan.

Lama kesegaran kopi bubuk tidak akan sama dengan biji kopi karena ada lebih banyak permukaan butir kopi yang terekspose udara. Anda bisa menyimpan kopi bubuk dalam wadah kedap udara di tempat kering dan gelap pada suhu kamar untuk sekitar 2 minggu.

Kesegaran kopi merupakan suatu hal yang selalu didambakan oleh mereka yag adiktif meminum kopi. Memelihara kualitas yang diinginkan dalam mengonsumsi kopi merupakan suatu hal yang akan dilakukan oleh setiap pecandu kopi. Cara menyimpan kopi yang salah atau tidak layak, seperti meninggalkan wadah atau kemasan dalam keadaan terbuka merupakan faktor yang membuat rusaknya kualitas biji kopi atau butir-butir bubuk kopi. (NR)

Comment di sini