Gempa Jepang 7 Desember 2012: WNI Masih Aman

Jakarta (CiriCara.com) – Gempa berkekuatan 7,3 skala richter (SR) menggoncang Tokyo, Jepang, sekitar pukul 17.18 waktu setempat. Pemerintah Jepang juga sempat mengeluarkan peringatan gelombang besar tsunami.

Meski gempa yang terjadi cukup besar, dipastikan kondisi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Jepang masih aman. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban dari WNI.

“Tidak ada WNI yang menjadi korban,” jelas Direktur Informasi dan Media Kemlu, PLE Priatna seperti dikutip dari detik.com, Jumat (7/12/2012).

Priatna menuturkan bahwa pihaknya sudah menghubungi staf KBRI Tokyo, Johny Sinaga. Menurut KBRI, gempa tersebut terasa cukup keras di wilayah Kota Tokyo. Gempa susulan juga sempat datang sesaat setelah gempa pertama.

Imbauan ancaman tsunami sempat dikeluarkan untuk daerah di Pantai Timur. Namun, KBRI menuturkan bahwa WNI di Kota Tokyo masih aman. Kabarnya, Pemerintah Jepang juga sudah siap siaga dalam menghadapi ancaman gempa bumi yang sering terjadi ini.

Menurut Priatna, semua warga yang ada di Jepang sudah diimbau untuk memakai pelindung kepala. Pasalnya, gempa besar tersebut berpotensi merusak bangunan di pemukiman warga. “Warga diimbau memakai topi untuk perlindungan untuk berjaga-jaga,” jelasnya.

(YG)


comments powered by Disqus