Sosialisasi Redenominasi Rupiah Belum Dilakukan

by
December 7th, 2012 at 1:19 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Rencana redenominasi atau penyederhanaan penyebutan nilai mata uang rupiah hingga saat ini belum disosialisasikan ke publik. Padahal sebelumnya sosialisasi direncanakan akan mulai dilakukan pada bulan Desember 2012.

“Saya belum mendengar (sosialisasi redenominasi),” tutur Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah saat ditemui wartawan di Gedung Kebon Sirih Kompleks Kantor Pusat BI Jakarta, seperti dikutip dari detik.com, Senin (3/12/2012) lalu.

Rencananya, sosialisasi redenominasi ini akan dilakukan mulai Desember 2012 hingga Maret 2013. Jika masyarakat menyambut baik rencana tersebut, maka redenominasi mata uang rupiah akan segera dilaksanakan pada bulan Juni 2013.

“Kami harapkan kalau konsultasi publiknya positif, pada Juni 2013, begitu masa sidang bisa disetujui,” ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Jakarta, seperti dikutip dari VIVA.co.id, Jumat 30 November 2012 lalu.

Agus menjelaskan, kebijakan redenominasi ini bukan hanya untuk penyesuaian digit mata uang, tapi harga jual dan nilai tukar juga akan ikut disesuaikan. “Ini tidak mempengaruhi daya beli,” tegasnya.

Agus mencontohkan, jika saat ini Rp 50 ribu dapat membeli satu cangkir kopi, maka setelah disesuaikan (redenominasi) menjadi Rp 50, masyarakat tetap bisa membeli satu cangkir kopi dengan uang tersebut. Jadi, redenominasi rupiah tersebut tidak akan mempengaruhi harga jual.

Sekadar info, jika nantinya redenominasi dilakukan untuk menghilangkan 3 digit, maka uang Rp 1.000 akan berubah jadi Rp 1. Meski berubah, nilai beli uang tersebut akan tetap sama. Barang yang tadinya harga Rp 1.000 (sebelum redenominasi), tetap bisa dibeli dengan uang Rp 1 (setelah redenominasi).

(YG)

Comment di sini