Terkini: Gempa Guncang Jepang, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

by
December 7th, 2012 at 4:04 pm

Jepang (CiriCara.com) – Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter menggoncang kawasan sekitar pantai timur laut Jepang pada sekitar pukul 17.18 waktu setempat.

Media nasional Jepang, NHK, mengabarkan gempa memicu dikeluarkannya peringatan tsunami untuk daerah timur laut Jepang, khususnya prefektur Fukushima, Aomori, Ibaraki, dan Iwate.

Menurut SkyNews.com, pusat gempa berada di sekitar 485 kilometer dari Tokyo, dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.  Namun badan geologi Amerika Serikat, USGS, menyatakan tidak ada kemungkinan tsunami akan menyebar.

Gempa ini terasa hingga pusat kota Tokyo. Bahkan sejumlah bangunan sempat bergoyang akibat getaran gempa. Tetapi belum ada laporan soal korban ataupun bangunan yang roboh.

Menurut pemberitaan, pusat gempat diperkirakan dekat dengan lokasi pusat gempa mahabesar yang melanda Negeri Sakura itu pada 11 Maret 2011.

Saat itu, gempa menelan ribuan korban jiwa dan menimbulkan kerusakan serius pada reaktor nuklir Fukushima. Tetapi Huffingtonpost.com mengabarkan gempa kali ini tidak berpengaruh terhadap aktivitas di fasilitas nuklir di sana seperti diterangkan oleh juru bicara Tokyo Electric Power Co., Takeo Iwamoto.

(hp)

Comment di sini