Terkini: Tsunami 1 Meter Landa Jepang

by
December 7th, 2012 at 4:40 pm

Jepang (CiriCara.com) – Akibat gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter yang mengguncang Jepang sore ini, wilayah Miyagi dikabarkan sudah diterjang tsunami setinggi 1 meter.

Namun pihak Peringatan Tsunami Asia Pasifik menyatakan tsunami tidak akan melanda kawasan lain di sekitar Samudera Pasifik.

US Geological Survey yang berpusat di Amerika Serikat juga telah mengeluarkan pernyataan bahwa tsunami di kawasan pantai timur laut Jepang hanya bersifat lokal, tidak akan menyebar ke daerah lain. Tetapi tsunami lokal yang terjadi diperkirakan akan berpotensi merusak kawasan yang diterjang.

Masyarakat yang tinggal di daerah prefektur Fukushima, Aomori, Ibaraki, Iwate, serta Miyagi  telah diminta untuk meninggalkan rumah mereka untuk mencari tempat yang lebih aman.

Kawasan lain yang diprediksi akan diterjang tsunami adalah Fukushima, Aomori, Ibaraki, dan Iwate.  Kawasan tersebut mungkin akan diterjang tsunami hingga 50 cm.

Gempa besar ini terasa hingga Tokyo. Sejumlah gedung tinggi bergoyang, namun belum ada laporan tentang korban ataupun kerusakan akibat gempa.

Dibandingkan gempa tahun lalu, gempa pada 7 Desember 2012 ini berkekuatan lebih kecil. Gempa pada 2011 mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia. Dunia bahkan sempat khawatir karena reaktor nuklir di Fukushima rusak berat.

(hp)

Comment di sini