Video: Bagaimana Negara Lain Menyebut Google?

by
December 7th, 2012 at 10:14 am

CiriCara.comMesin pencari Google sangat diminati oleh masyarakat dunia. Hampir semua orang di zaman modern ini, menggunakan Google Search untuk menemukan berbagai informasi.

The Atlantic Wire

Dapat dikatakan bahwa informasi mengenai segala hal dapat dicari di Google, mulai dari info kesehatan, kecantikan, kencan, sekolah, bahkan berita terbaru dalam dan luar negeri, serta info lokasi, juga dapat dicari di Google. Google sangat memudahkan seseorang untuk mengetahui dunia.

Perusahaan yang berdiri sejak 4 September 1998 ini semakin mengembangkan sayapnya, hingga membuat berbagai fasilitas lainnya seperti Google Maps, Google’s Street View, Google Earth, Android dan lain-lainnya.

Nama Google pun kian besar dan semakin dikenal oleh berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pebisnis, karyawan, ilmuwan, hingga ke ibu rumah tangga.

Karena meluasnya para pemakai Google ini, sering kita dengar banyak orang yang menggunakan istilah Googling, dalam bahasa Inggris misalnya “to Google”, di mana artinya adalah mencari di Google. Bahkan, ada pula yang menggunakan istilah yang lebih panjang, yaitu “search on Google”.

Lalu, apakah semua negara di dunia menggunakan istilah kata yang sama, yaitu “Google”? Jawabannya adalah TIDAK!

Sejak Google Inc. merajai dunia internet di seluruh negara, maka masing-masing negara memiliki sebutan yang berbeda-berbeda bagi mesin pencari yang sering kita sebut “paman Google” ini.

Sebutan Google di masing-masing negara itu sudah disesuaikan dengan aksen dan kosakata dari bahasa asli negara tersebut.

Misalnya saja negara Asia yang tidak memiliki karakter huruf abjad, seperti China dan Jepang. Google di China disebut Guge, sedangkan di Jepang menjadi Guguru.

Ingin tahu lebih banyak sebutan Google di beberapa negara lain? Berikut adalah daftar sebutannya.

Inggris — google

Spanyol — googlear and guglear

Itali — googlare

Portugal — googlar or guglar

Jerman — googeln and googlen

Prancis — googler

Swedia — att googla

Ibrani — l’gagel

Slovenia — proguglati or poguglati

Kroasia — guglati or proguglati

Polandia — googlować

Rusia — гуглить (gugleet or googleet)

Jepang — ググる (guguru)

Filipina — eēgoogle mò (i-google mo)

Finlandia — googlata

Belanda — googlen

Ceko — vygooglit

Korea — google ha da

Rumania — a googăli

China (Mandarin) — 谷歌 (guge or gǔgē)

Yunani — γκουγκλίζω (googlizo)

Islandia — að gúgla (ao googlah)

Inilah video peta sebutan Google di beberapa negara dunia:

(yk)

The Atlantic Wire

Comment di sini