Wagub Ahok Tantang DPRD Jakarta Rapat Disiarkan Televisi

by
December 7th, 2012 at 2:11 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok nampaknya kesal dengan hasil rapat anggaran, Kamis (6/12/2012) kemarin. Pasalnya, beberapa anggota DPRD DKI Jakarta menganggap penjelasan Pemprov DKI masih kurang jelas.

Ahok merasa kesal lantaran peserta rapat dari DPRD DKI, Igo Ilham (Fraksi PKS) dan Ferrial Sofyan (Fraksi Demokrat) yang mejabat sebagai Ketua DPRD DKI melontarkan pertanyaan yang sama berulang kali. Alasannya, penjelasan dari Pemprov DKI kurang jelas.

Padahal, menurut Ahok penjelasan yang diberikan oleh perwakilannya sudah sangat jelas. Untuk itu, Ahok pun menantang DPRD untuk menggelar rapat anggaran secara terbuka melalui siaran langsung televisi agar masyarakat Jakarta bisa mengetahui jalannya rapat.

“Terserah, kalau masih bilang (kebijakan anggaran ini) tidak jelas, saya wagub menantang DPRD bikin pembahasan terbuka disiarkan TV langsung,” cetus Ahok di gedung Balai Kota, Jakarta, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (7/12/2012).

Menurut Ahok, lebih baik rapat tersebut diabadikan melalui video. Ahok merasa kesal karena ada anggota dewan yang bertanya hal yang sama secara berulang-ulang, padahal sudah dijelaskan sebelumnya. “Lain kali saya bilang, kalau tanya melulu saya video kan deh biar diputar-putar ulang,” tegasnya.

Mengenai kelanjutan dari rapat Pengesahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) DKI 2013 itu, Ahok memilih menunggu tindakan DPRD. Ahok mengaku sudah menjelaskan rencana untuk tahun 2013 dan tinggal menunggu keputusan DPRD.

“Makanya nanti dilihat, kalau dari kita sudah selesai, tapi DPRD tidak mau membahas, berarti DPRD yang tidak mau ada program tahun depan kan. Sederhana kan jawabannya,” pungkas Ahok.

Sebelumnya, rapat membahas anggaran Jakarta untuk 2013 itu diwarnai aksi walk-out sejumlah anggota DPRD. Mereka merasa pertanyaan yang disampaikan oleh Igo Ilham (anggota DPRD) dan Ferrial Sofyan (Katua DPRD) terkesan menghambat jalannya rapat.

“Berkali-kali rapat tapi pertanyaannya sama saja, berarti oknum ini berusaha menghambat pengesahan KUA-PPAS,” kata Wanda Hamidah, anggota DPRD DKI dari Komisi E yang ikut walk-out dari rapat.

Akankah DPRD DKI Jakarta berani menjawab tantangan Wagub Ahok ini?

(YG)

Comment di sini