Andi Mallarangeng Bawa Dua Pengacara Hadapi Kasus Hambalang

by
December 10th, 2012 at 1:56 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Andi Mallarangeng, mantan Menpora Indonesia memang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek Hambalang. Namun, ia masih akan menempuh proses hukum lebih lanjut terkait kasus ini.

Diberitakan oleh Tempo.co, Andi Mallarangeng telah menunjuk dua orang pengacara yang akan mendampinginya dalam menghadapi kasus korupsi Hambalang. Kedua pengacara itu adalah Luhut Pangaribuan dan Harry Ponto.

Luhut mengatakan bahwa permintaan untuk mendampingi serta membela mantan Menpora ini disampaikan oleh Andi Mallarangeng pada Jumat, 7 Desember 2012 lalu. Permintaan menjadi pengacara ini lalu disanggupi oleh Luhut.

Selain dengan Harry Ponto, Luhut mengaku belum pernah berkoordinasi dengan pengacara lain. Namun adik Andi Mallarangeng yang lain, Rizal Mallarangeng mengatakan bahwa pihak keluarganya akan menyiapkan dua atau tiga pengacara lainnya untuk mendampingi Andi.

Menurut Rizal, ada banyak kolega dan profesional hukum yang menawarkan bantuan hukum kepada Andi namun keluarganya hanya memilih Luhut dan Harry.

Sementara itu sejak ditunjuk menjadi pengacara Andi, Luhut telah bekerja keras untuk dalam mempelajarai tuduhan yang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi kepada Andi Mallarangeng.

Andi Mallarangeng ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK dan tertuang dalam surat bernomor 4569/01-23/2012. Dalam surat itu, selain Andi Mallarangeng, KPK juga menuliskan nama Andi Zulkarnain Mallarangeng atau Choel, adik Andi dan Muhammad Arief Taufikurahman dari PT. Adhi Karya.

Di dalam surat itu tertulis bahwa Andi telah ditetapkan sebagai tersangka serta dinilai telah melanggar Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 UU Tipikor tentang pengayaan diri sendiri.

Karena kasus ini, Andi dilarang bepergian ke luar negeri selama enam bulan dan terancam hukuman 20 tahun penjara. (RN)

Comment di sini