CiriCara: Cara Agar Disukai Atasan

by
December 10th, 2012 at 5:01 pm

CiriCara.com – Seorang pemimpin tentunya memiliki gayanya tersendiri dalam memimpin. Ada atasan yang mengintimidasi bawahannya, ada yang terlalu otoriter, ada yang cerewet, dan lain sebagainya.

Dalam dunia kerja, Anda tentunya akan menemukan banyak karakter orang yang memiliki profesionalismenya masing-masing. Namun, Anda harus bisa beradaptasi dengan baik agar bekerja di kantor terasa menyenangkan dan nyaman.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar suasana kantor menyenangkan, antara lain pergi makan siang bersama rekan kerja, menjalin komunikasi yang baik, dan lain sebagainya. Selain itu, jika Anda ingin mendekatkan diri dan disukai pada atasan, maka simak tips berikut ini yang dicuplik dari Vemale.com:

1. Memberikan traktiran

Memberikan traktiran kepada atasan bukanlah bentuk sogokan. Cara ini bisa membuat hubungan Anda dan dia menjadi lebih dekat. Misalnya, mentraktirnya makan siang atau meminum secangkir kopi di kafe. Tak ada salahnya Anda coba jika ingin merasa lebih dekat dan disukai oleh atasan. Namun, cara ini jangan Anda lakukan jika hanya ingin sekedar cari muka karena bisa jadi bahan pembicaraan rekan kerja nantinya.

2. Menghubunginya

Jangan pernah merasa takut untuk menghubungi pimpinan Anda. Ada beberapa pemimpin yang menganggap Anda tidak kompeten jika selalu menghindarinya atau takut pada mereka. Untuk itu, Anda harus berani terbuka dengan atasan agar disukai olehnya.

3. Mengakui kesalahan yang diperbuat

Jika Anda pernah berbuat kesalahan, maka segeralah meminta maaf kepadanya. Namun, tak perlu berjanji yang muluk-muluk atau memohon maaf yang berlebihan. Anda hanya cukup meminta maaf saja dan mengakui kesalahan yang diperbuat. Apapaun komentarnya, buktikan kepadanya bahwa Anda layak diperhitungkan dengan belajar dari kesalahan.

4. Tepat waktu

Mungkin atasan Anda bukanlah orang yang tepat waktu, tapi jangan mengikuti jejaknya. Selain itu, Anda juga tak perlu memberikannya komentar mengenai ketidakdisiplinannya tersebut. Fokuslah pada kualitas diri sendiri agar atasan menilai kamu memiliki nilai lebih.

5. Tertata

Agar disukai oleh atasan, Anda juga disarankan untuk menjadi orang yang teratur dan tidak berantakan dalam bekerja dan berpenampilan. Keteraturan juga menunjukkan kinerja, pribadi, dan apa yang Anda pikirkan. Jika saat ini Anda orang yang tidak tertata dalam hal berpenampilan dan bekerja, maka belajarlah untuk lebih teratur. Teratur dan tertata juga membuat Anda jadi bisa diandalkan oleh atasan.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan agar bisa disukai oleh atasan. Perlu Anda ingat juga bahwa pimpinan bukanlah dewa. Mereka memang ada di posisi tersebut karena kemampuannnya dan bisa menjadi panutan bawahannya. Tapi, mereka juga manusia yang bisa melakukan kesalahan. Jika Anda berniat untuk mendekatkan diri pada atasan, maka tak ada salahnya untuk mencoba cara di atas. (NR)

Comment di sini