CiriCara: Cara Menyiasati Aturan Ganjil-Genap Jokowi

by
December 10th, 2012 at 12:00 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, aturan pembatasan kendaraan akan segera diterapkan. Rencananya, aturan plat ganjil-genap akan berlaku mulai Maret 2013. Agar tidak terganggu oleh aturan baru ini, warga Jakarta harus tahu cara menyiasatinya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono, ada beberapa cara yang bisa digunakan warga untuk menyiasati aturan ganjil-genap tersebut. Jadi warga Jakarta tetap bisa beraktivitas seperti biasanya.

Berikut cara menyiasati aturan plat ganjil-genap di Jakarta:

1. Pakai angkutan umum

Setelah aturan ganjil-genap dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) resmi berlaku, warga Jakarta diminta untuk beralih menggunakan angkutan umum. Untuk itu, Dishub berencana akan memperbaiki dan menambah armada angkutan umum terutama busway.

2. Memilih jalur perjalanan

Aturan plat ganjil-genap ini hanya akan berlaku di sejumlah lokasi rawan macet di Jakarta. Jadi, masih ada beberapa jalur yang bebas dari aturan ini. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, masyarakat harus pandai dalam memilih jalur yang bebas dari aturan tersebut.

3. Merubah waktu aktivitas

Aturan plat genap-ganjil ini akan berlaku setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 06.00 WIB sampai 20.00 WIB. Agar tidak terkena aturan tersebut, masyarakat bisa pergi lebih pagi dan pulang lebih malam. “Masyarakat harus bisa memperhitungkan ini,” ujar Udar, seperti dikutip dari Tempo.co.

4. Bekerjasama dengan tetangga

Warga diminta untuk melakukan aktivitas berkendara secara bersama-sama. Misalnya, warga pemilik kendaraan plat ganjil yang rumahnya dekat dengan warga yang punya kendaraan plat genap bisa berangkat bersama. “Hari ini berangkat pakai yang genap, besok pakai yang ganjil. Bareng-bareng lah,” tutur Udar.

Itulah beberapa cara menyiasati aturan plat ganjil-genap yang akan segera berlaku di Jakarta. Dengan mematuhi aturan plat ganjil-genap ini, artinya Anda sudah ikut berpartisipasi dalam mewujudkan Jakarta bebas macet.

(YG)

Comment di sini