Hari Ini Film “Jagal” Diputar Serentak di 51 Tempat

by
December 10th, 2012 at 2:35 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Film kontroversial “The Act of Killing” atau “Jagal” rencananya akan diputar serentak pada hari ini, Senin (10/12) di sejumlah tempat di Indonesia dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia.

Admin akun Facebook Jagal(The Act of Killing) menyampaikan siaran pers tentang pemutaran film ini di catatan Facebook pada 11.49 WIB.

Dalam siaran pers tersebut dijelaskan latar belakang kenapa pemutaran film diadakan pada 10 Desember 2012:

“10 Desember 2012: Hari ini, Indonesia menonton film Jagal dari Banda Aceh hingga Jayapura untuk mengembalikan yang telah ikut terampas akibat pelanggaran berat hak-hak azasi manusia selama ini: imajinasi dan ingatan kita.”

Disebutkan bahwa  pemutaran hari ini merupakan bagian dari program yang diberi nama “Indonesia Menonton Jagal” ini diselenggarakan secara independen oleh masyarakat yang berinisatif sendiri. Program ini sendiri telah berlangsung sejak 8 Desember 2012 dan akan berakhir pada 19 Desember 2012.

Dalam proses pemutaran film, pembuat film Final Cut for Real menyediakan film dalam format DVD dan bertanggung jawab dalam pengirimannya. Pemutaran dilakukan secara terbatas, namun bersifat terbuka. Promosi pemutaran film dilakukan lewat media sosial, terutama Facebook dan Twitter.

Pemutaran film “The Act of Killing” menurut siaran pers dilangsungkan setidaknya di 51 tempat/komunitas di Banda Aceh, Medan, Padang, Lampung, Jakarta, Depok, Bandung, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Solo, Salatiga, Blora, Surabaya, Malang, Denpasar, Ubud, Mataram, Lombok Utara, Samarinda, Palu, Gorontalo, Kupang, Ruteng, Manggarai, Ternate, Ambon, Abepura, dan Jayapura.

Film “The Act of Killing” merupakan film dokumenter yang mengangkat soal pembantaian warga Indonesia setelah tahun 1965. Film yang disutradari Joshua Oppenheimer ini dianggap kontroversial karena isu pembantaian massal ini dipandang sebagai masalah yang sensitif untuk dibicarakan, apalagi diangkat ke dalam suatu film dokumenter. Apalagi, pemain utama di dalam film ini yang merupakan pelaku pembantaian itu sendiri secara gamblang menceritakan kejadian di masa kelam tersebut.

Berikut adalah video trailer “The Act of Killing”:

(hp)

Comment di sini