Selundupkan Burung, Pria Miami Dihukum Penjara 20 Tahun

by
December 10th, 2012 at 10:16 am

Miami (CiriCara.com) – Kejadian unik terjadi di Bandar Udara Internasional Miami pada 20 Oktober 2012 lalu.

Saat itu, petugas badara Internasional Miami itu menemukan Alberto Diaz Gonzalez, pria yang berusia 76 tahun menyelundupkan 16 ekor burung jenis Kuba Bullfinches (Negritos de Cuba).

Mulanya, Alberto tidak mengakui bahwa dia membawa hewan liar yang sebenarnya disembunyikan dalam saku celana dan tempat plastik.

Namun, setelah petugas bandara itu memaksa menggeledah seluruh saku celana pria penyelundup itu, akhirnya dia ketahuan menyelundupkan burung hidup dari Havana, Kuba.

Setelah ketahuan, barulah Alberto mengaku bahwa dia berencana untuk menjual burung-burung tersebut ke AS.

Pada haris Kamis (6/12/12) lalu, dia mengaku bersalah, dan digugat atas pelanggaran terhadap undang-undang anti penyelundupan federal.

Oleh karena tindakan melanggar hukum itu, dia harus menjalani hukuman 20 tahun penjara dan akan diikuti dengan 3 tahun bebas bersyarat serta Alberto juga harus membayar denda sebesar 250.000 dollar AS (sekitar 2 milyar rupiah).

Rupanya, Kuba dianggap sebagai wilayah yang berisiko tinggi penyebab penularan flu burung patogenik. Oleh karena itu, Departemen Pertanian AS mengharuskan semua hewan liar yang mau masuk ke wilayah AS, harus lolos pemeriksaan apakah perlu di karantina atau tidak.

Selain kasus penyelundupan burung ini, di bandara Internasional Miami, juga pernah terjadi kasus penyelundupan aneh lainnya seperti penyelundupan janin yang ditemukan di bagasi pesawat. (yk)

Huffington Post

Comment di sini