Apple Maps Ancam Jiwa Penggunanya

by
December 11th, 2012 at 4:04 pm

Mildura (CiriCara.com) – Kepolisian Australia mengimbau para warganya untuk tidak bergantung pada Apple Maps.

Aplikasi ini memiliki tingkat akurasi yang sangat rendah, karena beberapa warga Australia sudah menjadi korbannya. Alih-alih sampai ke tempat tujuan, mereka malah tersesat di padang belantara.

Sky News

Salah seorang pengendara mencari lokasi kota kecil Mildura, tetapi malah tersesat setelah melihat peta milik Apple, di mana lokasi tersebut digambarkan berjarak 70 km dari posisi yang sebenarnya.

Selain itu, seorang pria ditemukan tersesat selama 24 jam pada suhu 46 derajat tanpa makan dan minum. Kejadian seperti ini bukan hanya dialami oleh pria tersebut. Menurut keterangan pihak polisi setempat, sedikitnya sudah ada 3 pria yang bernasib sama, untungnya masih dapat diselamatkan.

Setelah beberapa kasus terjadi, akhirnya diadakan tes terhadap sistem pemetaan milik Apple tersebut. Ternyata, sistem peta itu menunjukkan bahwa kota Mildura berada di tengah-tengah Murray Sunset National Park.

Parahnya, taman tersebut lebih layak disebut sebagai padang pasir, karena tidak ada suplai air dan suhu di taman tersebut sangat panas, hingga mencapai 46 derajat.

Inspektur Simon Clemence mengatakan pada ABC.net.au, bahwa menggunakan aplikasi Apple Maps malah bisa membawa musibah bagi para pengemudi, bahkan mengancam jiwa mereka.

Jika pengguna aplikasi itu terjebak di Murray Sunset National Park selama seharian saja, bukannya tidak mungkin kalau orang itu akan tewas.

Selain itu, Apple Maps ini bukan hanya salah menunjukkan letak sebuah kota tetapi juga salah menyebutkan nama tempat. Misalnya, Westminster di Inggris menjadi Westminister.

Pihak kepolisian Australia telah melaporkan kasus ini kepada pihak Apple, dan meminta CEO Apple, Tim Cook untuk meminta maaf atas kesalahan pada aplikasi peta yang dibuat Apple Inc. pada September lalu ini, untuk menyaingi Google Maps.

Jadi, kamu para pengguna iPhone dengan iOS 6, berhati-hatilah jika ingin menggunakan aplikasi Apple Maps! (yk)

Sky News

Comment di sini