CiriCara: Cara Cegah Kerusakan Mata Saat Bekerja

by
December 11th, 2012 at 3:21 pm

CiriCara.com – Bekerja terlalu lama di depan monitor bisa membuat mata terasa lelah. Keluhan pada mata merupakan hal umum yang dialami banyak pekerja dewasa ini. Mengingat, kemajuan teknologi yang semakin canggih dan mengharuskan semua pekerjaan kantor diselesaikan dengan menggunakan teknologi yang canggih, seperti komputer, laptop, Ipad, dan gadget canggih lainnya.

Namun, terlalu lama berhadapan langsung dengan gadget tersebut mempengaruhi kesehatan mata. Mata menjadi mudah lelah dan terasa nyeri. Bagi Anda yang kesehariannya selalu berada di depan komputer atau laptop, sebaiknya tetap jaga kesehatan mata.

Dilansir Menshealth.com, inilah 4 cara mencegah kerusakan mata saat bekerja:

1. Atur pencahayaan

Cahaya yang berwarna kuning, merah, atau hijau bisa menyebarkan cahaya yang hangat. Jika Anda bekerja dalam ruangan yang membutuhkan lampu, maka pakailah lampu pijar ukuran 60 watt untuk intensitas pencahayaan ruangan yang rendah.

2. Memakan ikan

Peneliti asal Kanada mengatakan bahwa asam lemak omega-3 bisa mengurangi kadar toksin yang menyebabkan kehilangan penglihatan di usia tua. Untuk itu, Anda disarankan agar memakan ikan tuna atau salmon dua kali dalam seminggu.

3. Meminum kafein

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Ophthalmology menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan produksi air mata yang bisa meredakan mata lelah.

4. Tidak terlalu lama di depan monitor

Bekerja berjam-jam di depan monitor bisa merusak kesehatan mata. Cepat atau lambat, Anda harus sadar akan bahaya tersebut. Kelelahan pada mata bisa meningkatkan risiko degenerasi makula, suatu kondisi medis yang biasanya mempengaruhi orangtua dan mengakibatkan penurunan ketajaman penglihatan. Untuk itu, Anda disarankan agar tidak terlalu berlama-lama di depan monitor. Sehari 8 jam saja sudah cukup untuk Anda berada di depan komputer.

Itulah cara mencegah kerusakan mata saat bekerja. Selain itu, Anda juga disarankan agar mengistirahatkan mata selama 1 menit setiap sejam sekali agar tidak kering. (NR)

Comment di sini