CiriCara: Cara Cerdas Mencegah Kanker Payudara

by
December 11th, 2012 at 2:07 pm

CiriCara.comKanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti kaum hawa. Sepuluh tahun silam, para ahli menganggap bahwa kanker payudara adalah penyakit yang tidak bisa dicegah. Namun, saat ini para peneliti sudah banyak yang mengetahui bagaimana cara mencegahnya, paling tidak mengurangi risiko kanker payudara.

Shutterstock

Penderitanya pun tidak bisa dikatakan sedikit, terbukti dari jumlah penderita yang terus bertambah tiap tahuunya. Bertambahnya penderita kanker payudara itu salah satunya disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat mengenai kanker payudara, seperti gejala-gejalanya dan cara pencegahannya. Gejala tersebut, antara lain, muncul benjolan, kerusakan pada daerah puting, dan terasa nyeri.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui pencegahannya. Berikut 12 cara mencegah kanker payudara:

1. Olahraga secara teratur

Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan meningkatnya aktivitas, risiko kanker payudara akan berkurang. Untuk itu, Anda disarankan agar rajin berolahraga agar kadar estrogen yang diproduksi tubuh berkurang sehingga mengurangi risiko terkena kanker payudara. Berloahragalah secara rutin, setidaknya satu jam setiap hari.

2. Kurangi lemak

Jenis lemak yang memicu kanker payudara adalah lemak jenuh dalam daging, mentega, dan makanan yang mengandung susu full cream. Agar tidak berisiko mengalami kanker payudara, Anda disarankan untuk bisa mengurangi makanan yang mengandung tinggi lemak. Jika ingin memakan makanan yang berlemak, maka konsumsilah lemak tak jenuh yang bisa didapatkan dari ikan salmon dan ikan air dingin lainnya karena mengandung minyak zaitun dan asam omega-3.

3. Saat mengonsumsi daging, jangan dimasak terlalu matang

Ternyata, cara Anda memasak daging bisa mempengaruhi risiko terkena kanker payudara. Daging-daging yang dimasak atau dipanggang menghasilkan senyawa karsinogenik. Semakin lama dimasak, semakin banyak nyawa itu terbentuk. Senyawa itu paling banyak terdapat dalam daging bakar yang lapisan luarnya gosong atau hitam.

4. Konsusi lebih banyak sayur dan buah

Jika Anda mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya, maka risiko untuk terkena kanker payudara akan berkurang. Untuk itu, konsumsilah makanan dari tumbuh-tumbuhan yang mengandung antioksidan tinggi, diantaranya vitamin A, C, E, dan mineral selenium yang bisa mencegah kerusakan sel penyebab terjadinya kanker. National Cancer Institute (NCI) menyarakan untuk mengonsumsi buah dan sayur paling tidak 5 kali dalam sehari. Selain itu, buah dan sayuran juga mengandung banyak serat yang akan mengikat estrogen dalam saluran pencernaan.

5. Mengonsumsi suplemen antioksidan

Suplemen antioksidan tidak bisa menggantikan buah dan sayuran, tetapi suatu formula tambahan yang bisa mencegah kanker payudara.

6. Mengonsumsi kacang-kacangan dan makanan yang mengandung kedelai

Jenis makanan yang berasal dari kedelai banyak mengandung estrogen tumbuhan atau fito-estrogen. Seperti halnya tamoksifen, senyawa ini mirip dengan estrogen tubuh, tapi lebih lemah. Fito-estrogen terikat pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, mengikatnya keluar dari sel payudara sehingga mengurangi efek pemicu kanker payudara. Makanan yang mengandung kacang-kacangan dan kedelai itu, seperti tahu, tempe, hazelnut, almond, dan makanan yang mengandung kacang lainnya.

7. Hindari meminum alkohol dan merokok

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa semakin banyak mengonsumsi alkohol, risiko kanker akan semakin bertambah. Alkohol bisa meningkatkan kadar estrogen dalam darah. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak merokok.

9. Perhatikan berat badan

Berat badan yang terus naik setelah usia 18 tahun akan menambah risiko kanker payudara. Hal ini disebabkan karena sejalan dengan bertambahnya lemak tubuh sehingga kadar estrogen sebagai hormon pemicu kanker payudara dalam darah pun akan meningkat.

10. Berjemur di bawah sinar matahari

Vitamin D akan Anda dapatkan jika berjemur di bawah matahari. Vitamin D akan membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi risiko kanker payudara. Agar tubuh terkena sinar matahari, Anda disarankan untuk berjalan di bawah sinar matahari pada siang atau menjelang sore hari.

11. Hindari xeno-estrogens

Xeno-estrogens itu maksudnya adalah estrogen yang berasal dari luar tubuh. Perempuan yang mengonsumsi estrogen dari luar tubuh terutama yang berasal dari residu hormon estrogenik yang terdapat dalam daging dan residu pestisida estrogenik bisa menambah risiko kanker payudara. Cara terbaik untuk menghindari xeno-estrogen adalah dengan mengurangi mengonsumsi daging, unggas, dan produk susu.

12. Memberikan ASI kepada anak

Alasannya masih belum jelas, tapi ada hubungan antara menyusui dengan risiko terkena kanker payudara. Wanita yang memberikan ASI kepada anak berhubungan dengan berkurangnya risiko kanker payudara sebelum masa menopause.

Itulah cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena kanker payudara. Biasakanlah hidup sehat mulai saat ini agar dijauhkan dari segala penyakit yang mematikan. (NR)

Comment di sini