CiriCara: Cara Menambah Uang Jajan ala ABG

CiriCara.com – ABG atau Anak Baru Gede biasanya punya keinginan yang banyak untuk dipenuhi, khususnya ABG cewek. Tapi masalahnya, ABG biasanya masih bersekolah, belum bisa mendapatkan uang sendiri.

Uang jajan yang ada di saku seringya didapatkan dari pemberian orangtua. Namun, di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, para ABG harus mampu berpikir kreatif agar bisa beradaptasi dan terus hidup. Para ABG harus bisa membaca zaman.

Nah, terkait dengan masalah uang saku, ABG punya beberapa cara untuk menambahkan beberapa rupiah ke dalam tabungan. Simak cara terpopuler untuk mendapatkan uang ala ABG di bawah ini:

1. Jadi calo

Cara terpopuler pertama yang dipraktikkan para ABG adalah dengan menjadi calo. Eits,jangan salah duga ya. Yang dimaksud calo di sini adalah orang yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Karena ABG belum memiliki modal yang cukup, umumnya mereka menjadi perantara dalam proses transaksi.

Di sini mereka biasanya mencari calon pembeli dengan menawarkan dagangan sesuai informasi dari penjual. Ketika sudah deal, mereka langsung menghubungi penjual untuk membeli barang yang dimaksud. Mereka mendapatkan uang baik dari pembeli—dengan menaikkan harga—maupun penjual—berupa komisi.

 2. Nge-blog

Berbeda dengan para ABG zaman perjuangan, ABG sekarang banyak yang sudah melek internet. Yang beruntung mengetahui cara mendapatkan uang lewat internet, akan langsung mempraktikkan teorinya. Salah satu cara mendapatkan uang lewat internet adalah dengan nge-blog.

Dengan menulis artikel secara berkala pada suatu blog, para ABG bisa mendapatkan uang jajan tambahan dari iklan yang terpasang di blog milik mereka. Belum lagi bila ada kompetisi blog berhadian uang atau barang. Makanya banyak anak muda Indonesia yang memiliki sejumlah blog untuk mendapatkan uang. CiriCara.com juga sedang ada lowongan untuk posisi kontributor lepas. Kalau kamu berminat, klik saja informasi ini.

 3. Kerja paruh waktu

Para ABG yang beretos kerja tinggi dan ingin menambah pengalaman sebelum benar-benar memasuki dunia kerja biasanya mencoba untuk menjadi pekerja paruh waktu atau pekerja lepas agar juga selalu bisa beli pulsa dan pakaian baru.

Pekerjaan paruh waktu yang diincar antara lain dengan menjadi penjaga warnet, SPG/SPB, atau menulis untuk blog. Namun jarang ditemui ada ABG yang menjadi pekerja paruh waktu di restoran waralaba terkenal seperti McD atau KFC. Di AS, banyak mahasiswa yang kuliah sambil kerja di restoran seperti ini. Di Indonesia, banyak ditemui pegawai KFC yang berusia 30 tahun ke atas.

 4. Wirausaha

ABG yang mau dan mampu berwirausaha biasanya mendapat sokongan yang kuat dari orangtua, baik berupa mental maupun materi. Wirausahawan/wirausahawati yang merintis bisnis sedari mereka masih ABG pasti sudah kenyang makan asam garam ketika mereka besar nanti.

Jenis wirausaha yang sering dipilih para ABG biasanya masih yang bersifat sederhana dan musiman, seperti menjual barang kerajinan buatan sendiri, menjual kue-kue Lebaran/Natal, atau berjualan jagung bakar bersama teman-teman mereka saat musim hujan.

Itulah empat cara mendapatkan uang tambahan yang populer di kalangan ABG. Ada cara lain yang kamu temukan? Boleh beri masukan kepada kami di kolom komentar di bawah ini.

(hp)


comments powered by Disqus