Fauzi Bowo Pengganti Andi Mallarangeng?

by
December 11th, 2012 at 10:28 am

Jakarta (CiriCara.com) – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo atau yang akrab disapa dengan Foke disebut sebagai salah satu kandidat terkuat untuk menggantikan posisi Andi Mallarangeng sebagai Menteri Pemuda Olahraga (Menpora).

Foke disebut sebagai kandidat terkuat bersama dengan anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat (FPD) Ramadhan Pohan untuk menggantikan posisi Andi Mallarangeng setelah dirinya ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi Hambalang.

Karena kasus Hambalang ini juga, Andi Mallarangeng mengundurkan diri dari Menpora dan Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat hari Jumat, 7 Desember 2012.

Republika

Ketika jabatan Menpora kosong, banyak nama kandidat yang muncul dan akan menggantikan jabatan Andi Mallarangeng. Namun hanya nama Foke dan Pohan lah menjadi dua nama yang sering dibicarakan.

“Kedua nama itu (Foke dan Ramadhan Pohan) memang potensial untuk menjabat sebagai Menpora, namun inikan soal selera, sekarang seleranya Pak SBY itu seperti apa kita kan nggak tau, tunggu tanggal mainnya,” jelas Ketua DPP Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana di Jakarta, Minggu, 9 Desember 2012 seperti dikutip Solopos.com.

Namun tentang pencalonan nama-nama kandidat yang akan menjadi Menpora ini, Sutan Bhatoegana tidak ingin berspekulasi lebih lanjut. Ia hanya mendukung kedua nama itu jika benar-benar dijadikan kandidat terkuat untuk menjabat sebagai Menpora.

Sutan menerangkan bahwa Foke sudah teruji dalam memimpin birokrasi sedangkan Ramadhan Pohan telah memiliki pengalaman yang sangat cukup sebagai manajer Timnas Indonesia.

Walaupun begitu, Sutan Bhatoegana tetap berkomentar bahwa biasanya pengganti Menpora akan berasal dari partai yang sama yaitu Partai Demokrat.

Namun Sutan Bhatoegana berharap agar pengganti Andi Mallarangeng nanti dapt bekerja maksimal dalam sisa jabatannya yang tinggal dua tahun. Selain itu, ia ingin agar Menpora yang baru dapat memahami apa yang diinginkan oleh Kepala Negara sesuai dengan bidangnya.

Nama-nama kandidat yang diminta Presiden Susilo Bambang Yuhoyono akan didiskusikan kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Kemungkinan besar nama-nama itu adalah:

- Ramadhan Pohan

- Gede Pasek Suardika

- Andi Nurpati

- Saan Mustopa

- Fauzi Bowo

(RN)

 

Comment di sini