Peneliti Rekonstruksi Tengkorak “Hobbit” Asal Flores

by
December 11th, 2012 at 1:52 pm

CiriCara.com – Seperti yang kita ketahui bahwa film buatan Peter Jackson, The Hobbit: An Unexpected Journey, telah tayang premiere di Selandia Baru pada tanggal 28 November 2012 lalu.

Di saat para pencinta film sedang menanti-nantikan film The Hobbit tersebut, para peneliti Australia telah mengungkapkan bagaimana bentuk wajah manusia terdahulu yang dijuluki Hobbit tersebut.

University of Woollongong/Daily Mail

Para peneliti menganalisis manusia purba jenis Homo Floresiensis yang ditemukan oleh Profesor Mike Morwood dan arkeolog Liang Bua di Flores, Indonesia, 2003.

Sejak penemuan tersebut, para peneliti sibuk memperdebatkan apakah karakteristik Homo Floresiensis ini benar-benar mewakili spesies yang telah punah dalam pohon keluarga manusia.

University of Woollongong/Daily Mail

Tetapi, tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Susan Hayes dari Universitas Woollongong mempublikasikan gambar rekonstruksi tengkorak manusia purba Homo Floresiensis tersebut.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Dr. Susan mengatakan bahwa manusia tersebut mungkin tidak terlihat cantik tapi bentuk wajahnya sangat khas.

Namun Dr. Susan menolak gambar yang dibuatnya itu disebut sebagai rekonstruksi wajah (facial reconstruction). Dia adalah seorang yang senang bekerja berdasarkan bukti, sehingga dia lebih senang jika temuannya itu disebut sebagai bentuk wajah yang mendekati/menyerupai (facial approximation).

Dr. Susan memiliki latar belakang ilmu forensik, tentu dia mampu untuk menyempurnakan bentuk tengkorak yang berusia 18.000 tahun yang lalu itu.

Meski Dr. Susan sendiri mengaku penyempurnaan wajah Homo Floresiensis ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan sempat membuatnya sakit kepala, tapi dia merasa puas dengan hasil akhirnya itu. (yk)

Daily Mail

Comment di sini