7 Planet Alternatif untuk Manusia Selain Bumi

CiriCara.com – Usia Bumi sudah semakin tua dan telah mengalami kerusakan di mana-mana. Bahkan kiamat pun dikabarkan akan segera menghantam planet ini. Lalu langkah apa yang akan dilakukan oleh manusia?

Ternyata manusia pun terus berusaha mencari planet seperti Bumi yang bisa dihuni di kemudian hari.

Walau mustahil untuk didiami dalam jangka pendek namun manusia sudah menemukan tujuh planet di luar sistem tata surya dan sangat berpotensi untuk menggantikan Bumi yang telah dihuni lebih dari tujuh miliar manusia ini.

Dilansir dari Tempo.co, ketujuh planet tersebut antara lain Gliese 581d, HD 85512b, Kepler 22b, Gliese 667Cc, Gliese 581g, Gliese 163c, dan HD 40307g. Ketujuh planet alternatif ini masih masuk dalam Galaksi Bima Sakti.

Tim peneliti dari The Habitabel Exoplanets Catalog (HEC)-lah yang menemukan planet-planet ini. Proyek dari tim peneliti ini memang berambisi untuk mencari planet-planet selain bumi yang layak dihuni oleh manusia.

Direktur Direktur Laboratorium Kelayakhunian Planet, Abel Mendez menegaskan bahwa katalog tentang planet-planet layak huni ini akan sangat berguna bagi penelitian lain di luar angkasa.

Untuk mencari dan menemukan ketujuh planet layak huni ini, HEC menggunakan perangkat High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher (HARPS) di Chili dan Teleskop Antariksa Kepler yang diorbitkan di luar angkasa.

Sedangkan untuk menentukan kelayakhunian suatu planet, HEC menggunakan sistem penilaian kelayakhunian seperti Earth Similarity Index, Habitable Zones Distance, Global Primary Habitability serta perbandingan bumi di masa lalu dan sekarang.

Proyek ini dimulai sejak 5 Desember 2011 dan telah menemukan 80 buah eksoplanet di luar tata surya yang mempunyai ukuran mirip bumi. Namun menurut Mendez, hanya sedikit planet yang berjarak tepat dari bintang untuk mendukung adanya air di permukaan planet.

Ketujuh planet yang ditemukan oleh tim HEC itu memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang bumi. Dan menariknya selain ketujuh planet yang sudah masuk dalam kandidat planet pengganti bumi itu, masih ada 27 kandidat lain versi Teleskop Kepler milik NASA yang akan segera diuji untuk mendapat predikat layak huni.

Perburuan planet ini sudah berlangsung selama puluhan tahun. Bahkan sampai hari ini terdapat hampir 900 eksoplanet yang sudah bisa dipastikan keberadaannya. Sebagian kecil dari planet-planet itu dipastikan menjadi kandidat pengganti Bumi jika planet yang kita tempati ini musnah.

Kapankah manusia bisa menjelajahi planet tersebut? Butuh waktu yang sangat lama untuk memastikannnya, mungkin puluhan atau ratusan tahun lagi. (RN)


comments powered by Disqus