CiriCara: Cara Membangun Pikiran Positif

by
December 12th, 2012 at 10:16 am

CiriCara.com – Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukkan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif bagi perkembangan pikiran Anda. Dengan selalu berpikir positif, akan menghadirkan kebahagiaan, sukacita, kesehatan, dan kesuksesan dalam situasi dan tidakan Anda.

Selain itu, berpikir positif juga bisa membuat Anda bisa mendapatkan hasil terbaik yang diinginkan serta menguntungkan. Namun, tak semua orang mempercayai atau menerima pola pikir positif. Beberapa orang menganggap berpikir positif hanyalah omong kosong.

Padahal, dengan selalu berpikir positif tentunya akan membawa keberuntungan dalam hidup Anda. Lalu, bagaimana cara membangun agar selalu berpikir positif? Dilansir Huffingtonpost.com, inilah 10 cara agar membangun pikiran positif dalam menjalani kehidupan:

1. Bersyukur

Agar berpikir positif itu dapat Anda miliki, janganlah berfokus pada apa yang telah dimiliki. Anda harus mengingat hal-hal baik yang dimiliki dan apa yang pernah terjadi. Dengan begitu, Anda akan merasa bersyukur. Bersyukur atas hidup dan menghargai apa yang Anda miliki adalah cara pertama yang harus Anda lakukan agar selalu berpikir positif.

2. Pilih teman-teman yang suportif

Terkadang, pikiran negatif juga bisa menular. Untuk itu, Anda disarankan agar tidak menempatkan diri di tengah para pengeluh. Alangkah baiknya memilih teman yang selalu memberikan dukungan, bersemangat, dan selalu berpikir positif. Cepat atau lambat, Anda akan terpengaruh positif karena telah berada di tengah-tengah orang seperti mereka.

3. Hilangkan drama

Apakah Anda dikelilingi oleh orang yang hidupnya penuh drama dan selalu saja mengeluh? Jika iya, maka alangkah baiknya untuk menghindari mereka. Berada terus dengan mereka bisa membuat Anda terpengaruh dan menjadi sepertinya.

4. Berbuat baik

Berbuat baik kepada orang lain akan membawa dampak yang besar untuk diri Anda. Saat membantu orang lain, yang Anda rasakan adalah bahagia dan merasa puas. Jika merasakan hal tersebut, maka Anda akan merasa lebih positif.

5. Melihat sisi baiknya

Dalam segala hal dan situasi, Anda harus melihat dari sisi baiknya. Lebih fokus terhadap hal yang positif akan memberikan kekuatan besar pada diri Anda untuk mengubah keadaan.

6. Menetapkan tujuan

Anda harus bisa memutuskan apa yang ingin dilakukan. Dengan menetapkan tujuan dalam hidup atau berbagai hal yang akan dilakukan, tentunya akan membuat Anda jadi lebih berpikir positif. Adanya pikiran positif tersebut besar kemungkinan akan membuat Anda jauh lebih beruntung dalam menjalani hidup.

7. Ambil tanggung jawab

Agar pikiran positif itu bisa ditingkatkan, Anda juga harus bisa bertanggung jawab. Anda harus bisa mengendalikan pikiran, perasaan, dan tindakan dengan cara sendiri. Jadi, ketika ada hal buruk terjadi, katakan pada diri Anda, “Aku bertanggung jawab pada perasaan dan pikiranku dan aku memutuskan untuk bahagia dan tegar.”

8. Optimis untuk melakukan sesuatu

Jika saat ini Anda merupakan orang yang selalu pesimis dalam berbagai hal, maka segeralah mengubahnya. Cobalah selalu mengubah struktur kalimat Anda dari yang negatif menjadi lebih positif. Misalnya, “Kenapa pekerjaanku berantakan” menjadi “Hasil kerjaku hari ini memang tidak memuaskan, tapi untuk berikutnya harus lebih baik lagi.”

9. Tertawa

Tertawalah pada humor, film lucu, atau lelucon yang dibuat anak atau saudara. Dengan tertawa bisa mengurangi stres yang Anda alami. Selain itu, tertawa juga bisa meningkatkan diri Anda untuk tidak terlalu serius ketika ada masalah. Dengan begitu, pikiran positif akan bisa terbangun dalam diri Anda.

10. Beristirahat

Sesibuk apapun Anda, disarankan agar tetap meluangkan waktu untuk beristirahat. Istirahat bukan berarti harus tidur dalam waktu beberapa jam, tapi Anda bisa merenung sejenak, memelankan langkah ketika berjalan, pergi nonton ke bioskop, dan menyegarkan pikiran dari rasa khawatir dan cemas.

Itulah 10 cara yang bisa Anda terapkan agar bisa membangun pikiran positif. Percayalah bahwa selalu berpikir positif dalam segala hal akan membawa keuntungan dalam kehidupan yang dijalani. Selain itu, dengan selalu berpikir positif akan membuat Anda menjadi sosok yang menyenangkan dan penuh syukur. (NR)

Comment di sini