Fungsi Bulu Pada 7 Organ Tubuh Manusia

CiriCara.com – Di beberapa organ tubuh manusia, terdapat bulu-bulu. Namun, keberadaan bulu tersebut terkadang membuat risih beberapa orang dan akhirnya dihilangkan begitu saja.

Padahal, organ tubuh yang ditumbuhi bulu atau rambut itu memiliki fungsi. Misalnya, dengan adanya rambut melindungi kulit kepala dari sinar matahari. Selain itu, beberapa organ yang ditumbuhi bulu juga memiliki fungsinya masing-masing.

Berikut fungsi bulu yang ada pada organ tubuh manusia:

1. Bulu pada kepala

Bulu-bulu yang menyebar di kepala atau biasa disebut dengan rambut itu muncul pada epidermis atau kulit luar walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Fungsi rambut adalah melindungi kulit kepala dari sengatan sinar matahari yang panas dan juga dari hawa dingin yang menusuk. Rambut pada kepala manusia berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai dan setiap helainya tumbuh dalam waktu sekitar 2 sampai 6 bulan.

2. Bulu pada kelopak mata dan alis

Bulu yang ada pada kelopak mata dan alis itu bermanfaat untuk menahan keringat dan air hujan yang jatuh mengenai dahi sebelum turun ke mata. Bulu mata bisa menyaring cahaya yang akan diterima oleh mata agar tidak terlalu silau dan pandangan menjadi jelas. Sedangkan alis bisa memperdalam karakter wajah. Selain itu, bulu mata dan alis juga dimanfaatkan wanita untuk membuat cantik wajahnya. Merias bulu mata dan alis saat berdandan membuat mata jadi terlihat indah.

3. Bulu pada hidung

Bulu hidung berfungsi sebagai saringan untuk partikel-partikel kecil yang masuk karena terhisap akibat proses pernafasan. Dengan adanya bulu hidung, bakteri, debu, dan jamur yang terhirup akan tersaring. Selain itu, bulu pada hidung juga berfungsi untuk meningkatkan kelembapan udara yang dihirup yang berfungsi penting untuk proses respirasi lanjutan.

4. Bulu pada ketiak

Bulu ketiak biasanya akan tumbuh pada masa pubertas dan pertumbuhannya sampai pada akhir usia remaja. Bulu yang ada pada ketiak ini berfungsi untuk melindungi ketiak dari zat racun yang akan masuk dari luar tubuh. Selain itu, bulu ketiak juga berfungsi sebagai penarik daya seksual seseorang karena folikel rambut hampir selalu berdekatan dengan kelenjar yang menghasilkan feromon, yaitu bundel molekul yang diproduksi oleh tubuh sebagai sinyal kimia untuk menarik pasangan seks.

5. Bulu pada dagu, dada, dan perut

Bulu yang tumbuh pada bagian dagu, dada, dan perut ini biasanya dimiliki oleh beberapa pria. Bulu-bulu yang tumbuh pada bagian tersebut merupakan tanda kelamin sekunder untuk pria yang sudah dewasa atau dengan kata lain sebagai pembeda antara pria dan wanita.

6. Bulu pada kemaluan

Fungsi bulu pada bagian ini adalah memberikan kehangatan, indikasi visual dari kematangan seksual, pengumpulan dari pengeluaran hormon, mengurangi gesekan luar saat berhubungan seks, dan sebagai pelindung wilayah yang ditumbuhi rambut kemaluan karena biasanya daerah tersebut sangat sensitif.

7. Bulu pada tangan dan kaki

Semua orang pastinya memiliki bulu tangan dan kaki, walaupun jumlahnya berbeda-beda. Bulu tangan dan kaki itu berfungsi sebagai alat sensor yang paling mujarab. Misalnya, Bulu akan merespon kalau ada ulat yang menempel di tangan atau kaki.

Itulah fungsi bulu yang ada di organ tubuh kita. Namun, ada beberapa orang yang risih dengan keberadaan bulu tersebut sehingga pada akhirnya dihilangkan. (NR)


comments powered by Disqus