Konflik PSSI Vs KPSI: Kemenpora Bentuk Tim Task Force

by
December 12th, 2012 at 10:54 am

Jakarta (CiriCara.com) – Hingga saat ini dualisme organisasi sepakbola di Indonesia masih terus terjadi. Konflik antara Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) masih terus berlanjut.

Melihat kisruh tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akhirnya turun tangan. Kemenpora telah membentuk tim task force untuk mengatasi konflik PSSI vs KPSI tersebut. Hal ini telah disampaikan oleh Pejabat Sementara Menpora, Agung Laksono.

“Tim ini akan mengadakan konsultasi dengan FIFA dalam upaya untuk menghindari dijatuhkannya sanksi terhadap Indonesia,” ujar Agung di Kantor Kemenpora kepada para wartawan, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (12/12/2012).

Agung menjelaskan, tim task force akan meminta saran dari FIFA dan AFC agar tidak dianggap sebagai intervensi dari pemerintah. Pasalnya, FIFA sangat menentang keras intervensi dari pemerintah dan akan menjatuhkan sanksi ke organisasi sepakbola yang diintervensi tersebut.

“Konsultasi ini agar upaya pemerintah tidak masuk ke dalam kategori intervensi,” tutur Agung. Menurutnya, langkah tersebut sudah tepat untuk menghindari sanksi dari FIFA. Apalagi, peraturan tertinggi dalam dunia sepakbola dipegang oleh FIFA.

Agung juga menuturkan bahwa tim task force tersebut akan diisi oleh lima anggota. Mereka akan langsung bertugas menyelamatkan sepakbola Indonesia agar terhindar dari sanksi FIFA. Berikut kelima nama anggota dari tim task force:

1. Ketua tim task force:
- Rita Subowo (Ketua KOI)

2. Anggota:
- Tono Suratman (Ketua KONI)
- Agum Gumelar (mantan Ketua Umum PSSI)
- Yuli Mumpuni (Sekretaris Kemenpora)
- Djoko Pekik (Deputi I Kemenpora)

Agung berharap, dengan dibentuknya tim task force ini kisruh dualisme antara PSSI dengan KPSI bisa segera diatasi. Mengingat, tim nasional Indonesia akan segera menjalani sejumlah pertandingan untuk kualifikasi Piala Asia.

(YG)

Comment di sini