Persyaratan Lengkap untuk Ikuti SNMPTN 2013

by
December 12th, 2012 at 4:06 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Dalam hitungan bulan, siswa kelas XII SMA akan dihadapkan dengan Ujian Nasional yang akan menjadi faktor penentu kelulusan siswa dari SMA dan pertimbangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang akan menggunakan hasil Ujian Nasional sebagai salah satu instrumen persyaratan untuk memasuki PTN.

Dilansir dari Kompas.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menyatakan bahwa SNMPTN 2013 nanti akan didasarkan pada nilai rapor, prestasi lain, serta hasil UN. Sekolah dengan akreditasi apapun bisa mendaftarkan siswanya ke PTN manapun tanpa ada batas kuota.

“Jadi, murni dari hasil UN dan nilai rapor serta prestasi lain siswa tersebut untuk SNMPTN 2013 nanti. Kuotanya disediakan 60 persen untuk seluruh Indonesia,” kata Nuh di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Selasa, 11 Desember 2012 kepada Kompas.com.

UGM

Peserta yang boleh mengikuti SNMPTN 2013 jalur undangan adalah:

  • Siswa SMA/SMK/MA yang telah mengikuti UN untuk tahun ajaran 2013/2014.
  • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada tiap semester.
  • Mengantongi rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) (Nomor ini akan dibagikan oleh sekolah untuk verifikasi).
  • Terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS diisi oleh Kepala Sekolah).

Pengisian PDSS akan dimulai pada tanggal 17 Desember 2012 sampai 8 Februari 2013 mendatang. Setelah itu peserta dapat mengikuti proses pendaftaran dengan memasukkan NISN dan password yang diterima dari sekolah.

Pendaftaran dilakukan secara online di website resmi SNMPTN (www.snmptn.ac.id). Sesudah mendaftar, para peserta bisa mencetak kartu pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2013.

Peserta dapat memilih paling banyak dua PTN yang diminati. Jika peserta memilih satu PTN maka peserta boleh memilih PTN mana saja. Namun jika memilih dua PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal atau provinsi terdekat.

Sedangkan untuk program studi yang ditawarkan oleh PTN, peserta dapat memilih paling banyak dua program studi yang diminati pada masing-masing PTN.

Pelamar pada bidang studi itu akan diseleksi berdasarkan pilihan pertamanya. Jika tidak terpilih, maka akan dilanjutkan pada pilihan keduanya.

Pendaftaran SNMPTN 2013 akan dibuka pada 1 Februari 2013 hingga 8 Maret 2013 dengan proses seleksi yang akan dilangsungkan pada 9 Maret 2013 sampai 27 Mei 2013. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 28 Mei 2013 nanti.

Sementara itu para siswa tidak perlu mempermasalahkan biaya karena pemerintah menjamin bahwa tidak ada biaya yang harus dibayar untuk mengikuti SNMPTN 2013 jalur undangan. (RN)

 

Comment di sini