Video: Habibie Ceramah di Universiti Selangor, Malaysia

by
December 12th, 2012 at 10:56 am

Jakarta (CiriCara.com)B.J. Habibie, mantan Presiden Indonesia ketiga ternyata mempunyai pengaruh yang kuat di Malaysia hingga kedatangannya ditakuti oleh sejumlah politisi Malaysia.

Bahkan mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin membuat tajuk rencana di koran nasional Malaysia, Utusan Malaysia dengan menyebut Habibie sebagai seorang pengkhianat bangsa.

Dalam tulisan itu Zainudin menyamakan Habibie dengan Anwar Ibrahim dan menyebutnya dengan The Dog of Imperialism.

Habibie, mantan Presiden RI ketiga ini diundang oleh pihak Universiti Selangor (Unisel) untuk memberikan ceramah di hadapan para mahasiswa, cendekiawan, dan tokoh politik pada Kamis, 6 Desember 2012 lalu.

Ketika itu, Habibie memang tampil bersama Anwar Ibrahim, tokoh oposisi Malaysia yang menentang kepemimpinan Mahatir Muhammad.

Dalam acara itu, Habibie berceramah dalam acara berjudul “Habibie dan Transisi Indonesia ke Demokrasi”. Di situ, Habibie menceritakan pengalaman Indonesia yang menjaga keragaman pluralisme kepercayaan, suku, adat, dan keragaman lain. Menurut Habibie, keragaman ini adalah sebuah kekauatan dan bukan menjadi ancaman bagi bangsa.

Contoh yang diberikan Habibie dalam ceramahnya itu adalah bahasa. Ia memberi contoh bahwa bahasa nasional yang dipakai adalah bahasa Indonesia meskipun Indonesia didominasi oleh suku Jawa.

Beberapa pihak menilai bahwa tulisan yang dibuat oleh Zainudin ini adalah sebuah kekhawatiran dari Malaysia mengingat B.J. Habibie adalah salah seorang tokoh yang menggerakan reformasi dan demokrasi di Indonesia. Para petinggi Malaysia mungkin khawatir jika kedatangan Habibie dapat membawa virus reformasi ke Malaysia.

Dilansir dari Tempo.co,  inilah video pidato Habibie di Universiti Selangor, Malaysia yang diunggah oleh AntaraPos di situs YouTube:

(RN)

Comment di sini