Akhirnya Partai Demokrat Pecat Ruhut Sitompul

by
December 14th, 2012 at 9:37 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kader Partai Demokrat yang menduduki posisi sebagai Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika, Ruhut Sitompul akhirnya dipecat dari kepengurusan partai.

Diberitakan oleh Detik.com, keputusan pencopotan Ruhut Sitompul ini diambil dalam rapat harian pimpinan Partai Demokrat yang dihadiri oleh Anas Urbaningrum.

“Sudah ada sekitar tiga minggu yang lalu, Ibu Andi jadi Ketua Divisi Hubungan Eksternal dan LSM, jabatan sebelumnya Ketua Divisi Komunikasi Publik diisi Pak Gede Pasek Suardika. Ruhut sudah tidak Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika,” kata Kepala Biro Publikasi, Riset dan Data Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat, Prasetyo Sudrajat Kamis 13 Desember 2o12 kepada Detik.com.

Selama menjabat sebagai kader Partai Demokrat, Ruhut memang dikenal sebagai seorang yang sering dicaci maki lantaran ucapannya yang berlebihan. Ia sering mengkritik kebijakan para politisi dan kelompok lain dengan cara blak-blakan.

Misalnya saja, saat Lady Gaga batal konser ke Indonesia, Ruhut berkomentar pedas terhadap tindakan FPI. Ia juga berkomentar tentang langkah Jokowi dan Ahok memimpin Jakarta. Terakhir, pengacara ini juga ikut berseloroh terkait rencana pencalonan diri Rhoma Irama menjadi Calon Presiden 2014.

Prasetyo Sudrajat kembali membenarkan bahwa Ruhut sudah tidak bisa lagi menamakan dirinya sebagai DPP Partai Demokrat karena jabatannya itu sudah resmi berakhir.

Selain Ruhut Sitompul, Partai Demokrat juga memecat Andi Nurpati. Di samping nama Ruhut dan Andi, ada nama-nama lain dari dalam Partai Demokrat yang akan diganti.

Alasan penggantian para kader itu adalah untuk mengembalikan nama Partai Demokrat ke arah yang lebih solid untuk menghadapi Pemilu 2014 nanti.

Mungkin saja dengan pemecatan Ruhut dan Andi, nama Partai Demokrat akan sedikit terangkat. Namun melihat kasus korupsi proyek Hambalang dengan sebagian besar tersangka berasal dari Partai Demokrat, sepertinya sulit bagi partai dengan lambang bintang tiga ini untuk kembali ke reputasi semula seperti delapan tahun silam. (RN)

Comment di sini