CiriCara: Cara Cerdas Atasi Lemak di Tubuh

by
December 14th, 2012 at 2:53 pm

CiriCara.com – Adanya lemak di tubuh menjadi suatu permasalahan yang menjengkelkan bagi sebagian wanita. Lemak yang ada di tubuh itu tentunya cukup mengurangi rasa percaya dirinya. Saat ingin memakai gaun pesta, lemak itu akan sangat terlihat dan membuat penampilan jadi tidak percaya diri. Pernahkah Anda merasakan hal seperti itu?

Untuk menghilangkan lemak di tubuh, seperti di paha, perut, dan lengan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Diperlukan pola makan dan gaya hidup yang sehat agar hasilnya bisa bertahan. Lalu, pola makan dan gaya hidup sehat seperti apa yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi lemak tersebut? Dilansir Wolipop.Detik.com, Prof. Dr. Hardiansyah, MS, seorang ahli gizi memberikan tipsnya untuk Anda:

1. Mengonsumsi makanan rendah lemak dan kalori

Lemak-lemak di paha, perut, dan lengan seiring berjalannya waktu akan hilang jika Anda menerapkan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat yang harus Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan rendah lemak dan kalori. Asupan makan Anda setiap harinya harus diperhatikan. Konsumsilah berbagai makanan yang mengandung rendah lemak dan kalori, seperti kacang-kacangan, putih telur rebus, sayur, dan buah-buahan.

2. Kurangi makanan manis yang mengandung lemak

Sering mengonsumsi berbagai makanan manis bisa menumbuhkan lemak pada paha, perut, dan lengan. Untuk itu, jika tubuh ingin singset tanpa adanya lemak, maka Anda disarankan agar mengurangi makanan manis. Kurangilah mengonsumsi makanan manis, seperti martabak, dessert, dan makanan manis lainnya. Selain itu, hindari juga makanan kemasan yang terkadang mengandung pemanis buatan.

3. Kurangi makanan berminyak

Selain mengurangi makanan manis, Anda juga disarankan agar mengurangi berbagai jenis makanan yang digoreng. Alasannya adalah makanan berminyak dan berlemak memicu timbunan lemak dalam tubuh. Sesekali tak apa Anda memakannya, aslkan jangan berlebihan jika tak ingin ada lemak di paha, perut, dan lengan.

4. Bijak mengonsumsi karbohidrat

Karbohidrat ada pada nasi putih, roti putih, mie ayam, bubur ayam, lontong, bahkan keripik kentang. Karbohodrat putih mudah sekali ditimbun menjadi lemak di dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsinya berlebihan, maka akan menyebabkan penumpukkan lemak yang berlebihan. Untuk itu, Anda harus bijak mengonsumsi karbohidrat.

5. Berolahraga

Selain mengatur pola makan yang sehat, Anda juga disarankan untuk rajin berolahraga agar racun dalam tubuh keluar. Diet seketat apapun, hasilnya tidak akan maksimal tanpa latihan fisik. Latihan fisik bukan sekedar berjalan, lari, atau naik tangga saja. Tapi, olahraga terprogram dengan panduan instruktur yang berpengalaman. Misalnya, Anda bisa pergi ke tempat fitnes agar diberitahu oleh instruktur di sana.

Selain itu kelima hal di atas, Anda juga harus mengonsumsi nutrisi yang beragam jenisnya dalam sehari. Kebutuhan akan karbohidrat, protein, sayur, dan buah harus selalu terpenuhi setiap harinya. Anda juga harus makan secukupnya. Perlu diingat bahwa apapun yang berlebihan tidak akan pernah baik untuk tubuh. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tubuh yang langsing seperti wanita-wanita Prancis. (NR)

Comment di sini