CiriCara: Cara Mendapatkan Uang Saat Berlibur di Luar Negeri

by
December 14th, 2012 at 1:48 pm

CiriCara.com – Berlibur memang suatu hal yang menyenangkan. Apalgi jika liburannya itu ke negara-negara yang memiliki tempat wisata menakjubkan. Misalnya negara Jepang yang sangat menyenangkan jika piknik di bawah pohon sakura. Di Inggris, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti kebun binatang ZSL London, Benteng Windsor, melihat menara Big Ben, dan lain sebagainya.

Namun, sebagian besar orang mengurungkan niat liburan ke luar negeri itu dengan alasan uangnya tidak mencukupi. Berlibur ke luar negeri bisa Anda lakukan jika hanya memiliki uang untuk ongkos pergi dan berangkatnya saja. Untuk biaya kehidupan di sana, Anda bisa mencari uang di negara tersebut. Bagaimana caranya? Dilansir Skyscanner.co.id, inilah cara mendapatkan uang saat berlibur di luar negeri:

1. Mengajar bahasa Indonesia di luar negeri

Jika Anda berencana untuk berlibur ke negeri Kangguru, maka cobalah berkunjung ke The Australian Indonesian Association. Di sana, Anda bisa menjadi pengajar kontemporer khusus bahasa Indonesia. Jika Anda kehabisan uang, maka cobalah untuk mengajar di tempat itu.

Selain itu, Anda juga bisa mengajar bahasa Indonesia di The Western Indonesian Language Teachers Association dan Asia Literacy Teacher Association of Australia. Namun, untuk mengajar di lembaga itu Anda harus lancar berbahasa Inggris agar mudah berkomunikasi dengan pelaajar yang berasal dari Australia atau negara lain.

2. Menulis cerita perjalanan

Saat berlibur bersama teman-teman, keluarga, ataupun pacar, tentunya Anda akan menemukan banyak hal menarik. Misalnya, menu makanan yang unik, tempat wisata yang menakjubkan, atau sulitnya mencari transportasi umum. Semua cerita itu bisa Anda tuliskan dan dijadikan uang.

Caranya, Anda cukup menuliskan pengalaman selama berlibur. Ceritakanlah hal menarik yang mungkin belum banyak orang mengetaahuinya. Tulisan tersebut bisa Anda unggah ke blog atau kirimkan ke media massa. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang dan kembali merencanakan liburan untuk yang akan datang.

3. Memotret perjalanan

Jika Anda kurang andal untu menceritakan pengalaman liburan ke dalam bentuk tulisan, maka bisa memotret perjalanan tersebut. Anda bisa merekam momen perjalanan dalam foto. Ambil angle yang unik, lalu Anda bisa menjualnya ke fotografer.net atau istock.com. Selain dibayar, hasil jepretan Anda bisa terkenal melalui dunia maya.

4. Menyanyi di restoran

Kekurangan uang saat sedang berlibur bisa diatasi dengan menjadi pengamen. Cara ini pernah dilakukan oleh David Juritz, pria asal London ini berhasil keliling dunia berbekal biola di pundak. Setiap hari, selama beberapa jam dia memainkan biola di pinggir jalan. Hasilnya, dalam sehari, Juritz bisa mengantongi uang sekitar Rp. 1,3 juta.

5. Menyelam

Sambil melakoni hobi, Anda akan mendapatkan biaya liburan. Jika Anda punya keahlian menyelam dan memiliki sertifikat sebagai insruktur atau master diving, maka jadilah istruktur di sana. Dengan begitu, hasil uang akan Anda dapatkan untuk memperpanjang liburan ke kota-kota atau negara lainnya.

6. Bekerja di resor ski

Walaupun di Indonsia tidak ada salju, namun bukan berarti Anda tidak bisa mencari penghasilan di resor ski. Di sana, Anda bisa membantu pengelola resor di bagian dapur, seperti mencuci piring atau menawarkan diri untuk membersihkan kamar tamu. Dengan begitu, uang akan Anda dapatkan dari hasil bekerja di tempat itu.

Itulah cara mendapatkan uang saat berlibur di luar negeri. Dengan melakukan salah satu cara di atas, bukan hanya uang yang didapat, tapi Anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan karena bisa mencari uang di negara orang. Bagaimana, Anda mau melakukannya di saat liburan nanti? (NR)

Comment di sini