Hercules Ternyata Koordinator Aksi Demo Perangkat Desa

by
December 14th, 2012 at 3:49 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kemunculan Hercules yang membubarkan pendemo dari jalan tol memang mengejutkan. Hercules dengan mudahnya menyuruh pendemo untuk bubar, sementara polisi harus bersusahpayah meminta pendemo untuk meninggalkan jalan tol.

detik.com

Banyak yang menduga, Hercules yang dikenal sebagai penguasa di Tanah Abang, Jakarta Pusat ini telah membantu polisi mengatasi demo. Padahal menurut polisi, Hercules merupakan koordinator aksi (korlap) demo, itulah sebabnya para pendemo nurut dengannya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, Hercules merupakan koordinasi aksi dari massa yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (APDETI). Jadi, wajar saja jika para pendemo nurut dengan Hercules.

“Jadi bukan berarti Hercules yang mengamankan demo dan kita diam saja,” tutur Rikwanto, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (14/12/2012). Menurutnya, polisi telah berkoordinasi dengan Hercules untuk membubarkan massa dari jalan tol.

Saat itu, para pendemo melakukan aksi blokir ruas tol dalam kota dan jalan arteri. Para perangkat desa ini membakar sejumlah ranting pohon di tengah jalan agar tidak ada kendaraan yang berani lewat. Kemacetan sepanjang 6 Km pun tidak terhindarkan.

Selain itu, aksi demo ini juga berlangsung rusuh. Sejumlah massa perangkat desa terlibat penyerangan terhadap polisi yang menghadang di depan Gedung DPR/MPR RI. Beruntung, massa bisa segera dibubarkan.

Saat ini, polisi sudah berhasil memukul mundur ribuan pendemo tersebut. Pendemo dari perangkat desa ini kocar-kacir ketika polisi menembakkan gas air mata. Sejumlah ruas jalan yang tadinya ditutup juga sudah mulai dibuka kembali.

(YG)

Comment di sini