Ini Alasan Pemecatan Ruhut

by
December 14th, 2012 at 10:01 am

Jakarta (CiriCara.com) – Ruhut Sitompul ternyata sudah dipecat dari jabatannya sebagai DPP Partai Demokrat Bidang Komunikasi dan Informasi. Kabarnya, pemecatan ini sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Tapi, kenapa Ruhut bisa dipecat?

Banyak yang menilai, pemecatan Ruhut ada hubungannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Pasalnya, Ruhut pernah berkomentar agar Anas segera mundur dari jabatannya.

Namun, hal itu dibantah oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Saan Mustopa. Pasalnya, pemecetan Ruhut sudah terjadi sejak lama. “Tidak ada kaitannya (dengan Anas Urbaningrum),” kata Saan, seperti dikutip dari Okezone.com.

Menurut Saan, Ruhut yang merupakan anggota Komisi III DPR itu diberhentikan karena alasan penyegaran pengurus. Program penyegaran pengurus sendiri sudah menjadi agenda lama dalam Partai Demokrat, bahkan sebelum partai mendaftar ke KPU. “Penyegaran pengurus saja,” jelasnya.

Sebelumnya, Ruhut membenarkan bahwa rencana pemecatan dirinya sudah berlangsung lama. Menurutnya, kubu Anas melalui anak buahnya telah mendatangi Ketua Dewan Kehormatan PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan memintanya untuk dipecat.

Namun, menurutnya saat itu Presiden SBY menolak rencana pemecatan dirinya tersebut. Ruhut menegaskan bahwa wacana pemecatan dirinya itu akan membuat kubu Anas Urbaningrum semakin terpuruk.

“Setahun lalu dia (Anas) udah minta biar gua dicopot ke Pak SBY, tapi langsung ditolak. Sekarang dia sebar-sebar pula (berita pencopotan), itu hanya akan membuat dia makin terpuruk,” kata Ruhut, seperti dikutip dari detik.com.

Nampaknya, Partai Demokrat sedang dilanda masalah besar. Setelah kadernya Andi Mallarangeng tersandung kasus korupsi, kini misteri pemecatan Ruhut Sitompul pun muncul. Sebenarnya, ada apa dengan Partai Demokrat?

(YG)

Comment di sini