Petisi: Sting, Menyanyilah Untuk Munir!

by
December 14th, 2012 at 1:31 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Petisi “Sting, Dedicate ‘They Dance Alone’ for the late Munir” yang ditujukan kepada musisi kawakan, Sting, masih belum mendapat tanggapan dari mantan vokalis The Police yang berencana menggelar konser di Jakarta pada Sabtu, 15 Desember 2012, tersebut.

Petisi yang berasal dari inisiatif budayawan Goenawan Mohammad ini telah mendapatkan 1.360 tanda tangan pada Jumat, 12 Desember 2012, tepat pukul 12.00 WIB.

Pada peluncurannya yang dilakukan tepat saat peringatan ulang tahun Munir pada 8 Desember 2012, petisi ini rencananya hanya akan mengejar 1.000 tanda tangan. Namun setelah respon yang datang begitu besar, target pun dinaikkan.

Di dalam petisi, Goenawan Mohammad meminta penyanyi yang bernama asli Gordon Matthew Thomas Sumner ini untuk mendedikasikan lagu “They Dance Alone” untuk Munir yang tewas dibunuh saat berada di dalam pesawat terbang pada 7 Desember 2004.

Munir dikenal sebagai pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) yang tak kenal lelah membela rakyat kecil dalam menuntut keadilan atas hak yang seharusnya mereka peroleh.

Menurut Usman Hamid yang telah malang melintang sebagai pejuang HAM,  ada setidaknya 2 petisi lain terkait Munir. Satu petisi dibuat oleh istrinya, Suciwati. Petisi ini ditujukan terutama kepada Presiden SBY agar kasus pembunuhan Munir diusut hingga tuntas. Petisi kedua dibuat oleh Goenawan Mohammad, ditujukan kepada walikota Batu agar dibuatkan monumen bagi mendiang Munir.

Sting dijadwalkan tampil pada Sabtu, 15 Desember 2012 di Mata Elang International Stadium (MEIS), Ancol, Jakarta Utara. Third Eye Management yang mengundang Sting mengaku pihak manajemen Sting telah mengetahui petisi ini namun belum juga ada tanggapan.

Lagu “They Dance Alone” yang diminta untuk dinyanyikan bagi Munir itu sendiri merupakan lagu yang diciptakan Sting sebagai ungkapan ketidaksetujuannya terhadap rezim otoriter Pinochet yang berkuasa di Chile dari 1973 hingga 1990.

Inilah penampilan Sting ketika membawakan “They Dance Alone”:

(hp)

Comment di sini