Bulan Purnama Akan Muncul di Malam Tahun Baru 2013

by
December 17th, 2012 at 10:10 am

Probolinggo (CiriCara.com) – Menurut sesepuh Dukun Tengger, Mujono, akan ada fenomena alam langka yang terjadi di malam pergantian tahun 2012 ke 2013. Fenomena alam tersebut adalah fenomena bulan purnama.

Menurut Mujono, fenomena bulan purnama itu akan terjadi pada akhir tahun ini, 31 Desember 2012. Hal itu ditentukan berdasarkan perhitungan Jawa. Menurutnya, fenomena alam tersebut merupakan fenomena alam yang langka dan jarang terjadi di akhir tahun.

“Terakhir terjadi lebih kurang sepuluh tahun lalu,” kata Mujono, seperti dikutip dari Tempo.co, Senin (17/12/2012).

Meskipun demikian, fenomena bulan purnama itu tidak akan diikuti fenomena lainnya. Menurut Mujono, tidak ada ritual khusus yang akan dilakukan warga Tengger terkait bulan purnama langka ini. Warga hanya akan melakukan sembahyang sendiri-sendiri.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin mengatakan purnama akhir tahun ini akan menarik banyak minat wisatawan. Apalagi jika cuaca cerah, para wisatawan bisa merayakan tahun baru sambil melihat bulan purnama yang indah.

“Penampakan purnama dengan lanskap kawasan Gunung Bromo akan menimbulkan kesan magis,” kata Yoyo, sapaan akrab Digdoyo.

Namun, Kepala Bidang Pengelolaan Wilayah I Taman Nasional Bromo Semeru Tengger, Sarmin mengaku masih ragu dengan tingkat keakuratan perhitungan Jawa. Ia mengkau belum mengetahui secara pasti mengenai kemunculan bulan purnama tersebut.

Meskipun demikian, Sarmin menuturkan bahwa cuaca di kawasan Bromo jarang sekali turun hujan. Menurutnya, suhu di wilayah tersebut juga tidak terlalu dingin. “Paling hanya gerimis,” tuturnya saat ditanya mengenai kondisi cuaca di malam pergantian tahun 2012 ke 2013 di kawasan Bromo.

Nampaknya, malam pergantian tahun ini akan menjadi malam yang istimewa. Selain bertabur kembang api, bulan purnama juga akan menghiasi langit di malam hari.

(YG)

Comment di sini