CiriCara: Cara Hadapi Wawancara Kerja Dadakan

by
December 17th, 2012 at 4:59 pm

CiriCara.com – Setelah mengirimkan surat lamaran dan CV ke berbagai perusahaan, tentunya Anda akan menunggu panggilan tes psikotet dan wawancara dari perusahaan yang dilamar. Namun, Anda juga harus dituntut untuk selalu siap menghadapi panggilan wawancara.

Biasanya, untuk meminta Anda datang wawancara perusahaan akan memanggil satu minggu atau dua minggu setelah mengirimkan surat lamaran dan CV kepada mereka. Tapi ada juga perusahaan yang lebih cepat memanggil Anda untuk datang mengikuti tes di perusahaannya.

Lalu, bagaimana jika Anda ditelepon untuk datang wawancara pada hari itu juga? Untuk menghadapinya, Anda bisa menyimak tips berikut ini yang dicuplik dari Thedailymuse.com berikut ini:

1. Pastikan CV selalu siap

CV dalam bentuk hard copy selalu dibutuhkan saat Anda mendatangi wawancara pekerjaan. Beberapa orang mungkin hanya menyimpan CV-nya di komputer atau laptopnya saja. Namun, saat ada panggilan wawancara yang mendadak, Anda tak sempat menyiapkan berkas-berkas CV dalam bentuk bentuk hard copy. Untuk itu, alangkah baiknya Anda menyimpan CV dalam bentuk soft copy ke dalam flashdisk pribadi. Cara ini memudahkan Anda jika sewaktu-waktu mendapat panggilan wawancara mendadak.

2. Selalu siapkan pakaian untuk wawancara

Walaupun Anda berada di rumah dan lebih bebas memilih pakaian, tapi terkadang wawancara yang mendadak bisa membuat kebingungan sendiri. Karena grogi, Anda jadi bingung untuk memilih pakaian mana yang pantas dikenakan. Untuk itu, alangkah baiknya agar selalu menyiapkan pakaian untuk wawancara setelah mengirimkan CV ke berbagai perusahaan. Siapkan mulai dari baju, celana atau rok, tas, dan sepatu yang akan dipakai untuk wawancara kerja nanti. Saat dipanggil untuk wawancara kerja hari itu juga, jadi Anda hanya tinggal memakainya saja.

3. Mengingat tanggal melamar

Saat sedang panik dan tegang bisa jadi Anda malah melupakan banyak hal, termasuk tanggal melamar pekerjaan tersebut. Alangkah baiknya, sebelum datang wawancara Anda harus menyempatkan diri melihat sebentar surat lamaran yang pernah dikirim ke perusahaan tersebut. Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi bagi pewawancara bisa menunjukkan antusiasme, keseriusan, dan juga daya ingat Anda.

4. Melakukan riset

Walaupun dadakan, namun Anda harus tetap melakukan riset terlebih dahulu sebelum datang ke perusahaan tersebut. Gunakan aplikasi dari ponsel Anda untuk mencari tahu semua informasi yang Anda butuhkan tentang perusahaan tersebut. Pengetahuan dasar tentang job description pekerjaan yang Anda incar dan latar belakang perusahaan yang bersangkutan akan sangat membantu saat wawancara nantinya.

Itulah cara tepat menghadapi wawancara kerja yang mendadak. Walaupun mendadak, namun Anda harus bisa tampil maksimal agar bisa diterima di perusahaan yang diinginkan. (NR)

Comment di sini