CiriCara: Cara Menjadi Hacker yang Andal

by
December 17th, 2012 at 2:08 pm

CiriCara.comHacker merupakan seorang yang memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam jaringan komputer orang lain dan melakukan apa yang diinginkannya baik itu demi memperoleh keuntungan atau hanya sekedar tantangan belaka. Kemampuan yang dimilikinya itu membuat mereka disegani.

Pada tahun 1960, istilah hacker merupakan orang yang ahli dalam komputer dan mampu menghasilkan program komputer yang lebih hebat dari sebelumnya. Dari tahun ke tahun, istilah hacker memiliki arti yang positif. Mereka dianggap sebagai sekelompok mahasiswa pintar.

Namun, pengertian positif itu berubah menjadi negatif karena terjadinya tindakan kriminal. Tindakan kriminalitas tersebut terjadi dan berhasil diungkap oleh FBI. Mereka dinyatakan bersalah oleh hakim karena terbukti melakukan pembobolan 60 unit komputer.

Untuk menjadi seorang hacker tidak semudah menjadi pedagang kaki lima. Anda harus memiliki kemauan yang keras dan pengetahuan yang luas untuk bisa menjadi seorang hacker yang andal. Bukan hanya itu, ada beberapa hal yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang hacker. Apa saja? Dicuplik Anneahira.com, inilah cara menjadi hacker yang andal:

1. Memiliki keberanian

Untuk menjadi seorang hacker Anda harus memiliki keberanian. Anda akan dihadapkan dengan banyak hal yang menyulitkan. Tak seperti di dunia nyata, Anda bisa melihat wujudnya dan sejauh mana kemampuannya. Namun, di dunia maya persaingan antar hacker sangat kjuat sehingga butuh keberanian untuk melalui semua itu.

2. Memiliki tekad yang kuat

Jika hanya ada keinginan sesaat, maka Anda tidak berbakat menjadi seorang hacker andal. Untuk itu, Anda harus memiliki tekad yang kuat dan keyakinan untuk menjadi seorang yang ahli dalam komputer atau biasa disebut hacker. Jika memiliki tekad yang kuat dan tak mudah goyah, maka langkah Anda untuk menjadi hacker tidaklah sulit. Menjadi hacker adalah untuk orang-orang yang benar-benar tekun dan telaten.

3. Mau terus belajar

Banyak sekali hambatan dan gangguan yang akan dialami ketika belajar menjadi hacker. Belum lagi, bahasa dan teknologi yang kian berkembang dengan cepat. Apalagi pemula, biasanya selalu mulai belajar hacker dari membaca. Namun, perkembangan teknologi tidak pernah berhenti. Untuk itu, Anda harus terus belajar dan jangan pernah merasa puas. Jika Anda cepat merasa puas, maka akan tertinggal ole orang yang baru belajar tapi mau tekun mempelajari setiap perkembangan yang ada.

4. Menguasai bahasa asing

Untuk menjadi seorang hacker, Anda juga harus fasih berbahasa asing, khususnya bahasa inggris. Alasannya adalah kebanyakan referensi yang akan Anda dapat mengenai hack berasal dari luar negeri karena di negara kita hanya memiliki sedikit referensi.

5. Memahami bahasa-bahasa programming

Dengan memahami bahasa-bahasa programming, Anda akan sangat mudah mengenal seluk-beluk komputer dan internet. Misalnya, bahasa-bahasa komputer yang menggunakan html, php, dan bahasa pemrograman lainnya.

6. Menguasai komputer

Anda harus menguasai software dan hardware komputer. Jika Anda tidak mengenal atau tak bisa menginstall, maka jangan harap bisa menjadi hacker. Bagaimana mau menjadi hacker jika tak paham mengenai pengoperasian komputer.

7. Menguasai sistem database

Sistem database adalah ladang emas bagi seorang hacker. Anda bisa mengambil banyak informasi dari database kantor dan perusahaan.

Dalam bahasa Indonesia, istilah hacker dikenal pula senagai peretas. Namun, hingga saat ini istilah peretas tersebut masih kalah dibandingkan dengan istilah di kalangan umum. Nilai negatif dari orang yang dinamakan hacker masih masih tetap melekat bagi orang awam. Orang yang awam masih sering menilai hacker dengan tindakan kriminalitas. Pengertian ini diperloleh karena banyaknya berita mengenai pencurian uang yang dilakukan para hacker.

Tindakan kriminalitas melalui dunia komputer atau cyber itu sampai ke telinga masyarakat sehingga membuat istilah hacker menjadi negatif. Padahal, tidak semua hacker bertindak atau melakukan hal seperti itu. Hanya beberapa orang saja yang masih memiliki ilmu dangkal dan ingin kaya tapi tidak mau bekerja saja yang melakukan tindakan kriminal tersebut. (NR)

Comment di sini