CiriCara: Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan

by
December 18th, 2012 at 11:22 am

CiriCara.com – Asuransi kesehatan adalah asuransi kedua setelah asuransi jiwa yang dibutuhkan oleh setipa orang, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga. Kesehatan merupakan hal yang tak ternilai harganya. Tanpa disadari, Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas fisik jiga kondisi badan tidak sehat.

Saat sakit, Anda akan berusaha semaksimal mungkin berobat ke dokter agar bisa cepat sembuh. Namun, biaya yang dikeluarkan untuk pemulihan kesehatan ini seringkali sangat mahal. Apalagi, jika Anda mengalami suatu penyakit yang kritis. Seseorang bisa sampai menguras uang tabungan atau menjual hartanya untuk biaya berobat.

Kejadian tersebut memang tidak bisa kita prediksi. Tidak heran banyak orang yang berusaha mengantisipasi risiko kesehatan ini dengan membeli polis asuransi kesehatan. Dengan asuransi, perusahaan akan memberi jaminan kesehatan dan menanggung risiko sakit atau kejadian lain yang membuat nasabah asuransi memperoleh perawatan medis.

Saat ini banyak perusahaan asuransi baru di Indonesia yang menawarkan berbagai macam manfaat dan varian produk yang sangat menarik. Tidak heran jika hal tersebut malah menimbulkan kebingungan calon nasabah untuk memilih asuransi kesehatan mana yang tepat. Berikut cara memilih perusahaan asuransi kesehatan yang tepat:

1. Lihat reputasinya

Perusahaan asuransi yang baik dapat dilihat dari reputasinya. Biasanya perusahaan asuransi tersebut memiliki cabang di mana-mana dan Anda juga bisa melihat catatannya melalui media.

2. Lihat apa yang ditawarkan

Anda perlu mencatat semua informasi penting mengenai asuransi tersebut dalam sebuah tabel. Informasi yang harus dicatat meliputi manfaat yang ditawarkan, besarnya premi yang harus dibayarkan oleh perusahaaan asuransi, masa proteksi, dan prosedur klaim asuransi.

Untuk meyakinkan diri, Anda bisa langsung mendatangi perusahaan asuransi yang bersangkutan dan berkonsultasi secara langsung dengan agen asuransi. Tanyakan semua informasi asuransi kesehatan yang Anda butuhkan secara detail sehingga memperoleh gambaran secara mendetail mengenai kebutuhan akan layanan asuransi kesehatan.

3. Layanan kesehatan

Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah daftar rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi. Namun, Anda harus mencari tahu dahulu mengenai manfaat yang ditawarkan dalam perusahaan asuransi teresebut. Apakah hanya mencakup tindakan dokter, rawat inap, obat-obatan, operasi, atau mencakup semua layanan kesehatan yang dibutuhkan.

4. Penyakit yang dicover

Anda juga harus mengetahui penyakit apa saja yang dicover oleh perusahaan asuransi tersebut. Apakah asuransi kesehatan tersebut berlaku untuk penyakit kritis, seperti kanker, jantung, diabetes, atau penyakit kritis lainnya. Selain itu, apakah cacat tetap, stroke, atau kecelakaan juga dicover olehnya.

5. Masa proteksi

Anda juga harus mencermati mengenai masa proteksi yang ditawarkan. Banyak perusahaan asuransi jiwa yang memberi janji layanan kesehatan ini dan itu, tapu ternyata saat dibutuhkan masa proteksi asuransinya sudah kadaluwarsa. Perusahaan asuransi kesehatan yang baik akan memberikan masa proteksi kesehatan sampai dengan umur 75 tahun. Pada usia lanjut ini orang lebih cenderung mudah teraangsang penyakit dan membutuhkan klaim asuransi kesehatan.

6. Prosedur klaim

Hal paling penting dan wajib diketahui dengan pasti adalah mengenai bagaimana cara Anda mengajukan klain asuransi dan bagaiama perusahaan akan membayarnya. Tanyakan dengan mendalam mengenai cara-cara untuk mengajukan klaim, di mana kantor yang bisa menerima keluhan, dan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi dan apa penyelesaiannya.

Itulah cara cerdas memilih asuransi kesehatan. Selain keenam hal tersebut, Anda juga harus mencari tahu sebanyak-banyaknya meleaui referensi orang di sekitarb atau dari media-media. Teliti juga dalam membaca pertjanjian agar tidak tertipu oleh perusahaan asuransi tersebut. (NR)

Comment di sini