CiriCara: Cara Ibu Hamil Mengatasi Rasa Cemas

by
December 18th, 2012 at 10:09 am

CiriCara.com – Kecemasan merupakan hal biasa yang dialami oleh sebagian besar ibu hamil, apalagi jika baru hamil anak pertama. Kecemasan yang kerap muncul karena beragam faktor. Si ibu merasa cemas dengan keadaan sang bayi di dalam kandungan, cemas apakah nanti proses melahirkan akan berjalan lancar, apakah dokter atau bidan yang menanganinya sudah tepat atau belu, apakah nanti sang bayi lahir sempurna atau tidak, dan lain sebagainya.

Rasa cemas yang dialami oleh ibu hamil itu disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron. Selain membuat ibu hamil merasa cemas, peningkatan hormon itu juga menyebabkan gangguan mood dan membuat ibu hamil cepat lelah. Bagi Anda yang sedang hamil dan merasakan hal tersebut, berikut cara mengatasinya yang dicuplik dari Tabloid Nakita berikut ini:

1. Minta dukungan keluarga

Saat Anda merasa cemas akan kehamilan tersebut, ceritakanlah pada keluarga, seperti ibu, kaka, atau sang suami. Jangan ragu untuk menceritakan kekhawatiran kepada mereka. Jika kamu menceritakan hal ytersebut kepadanya, maka bisa mengurangi rasa cemas tersebut.

2. Selalu berpikir positif

Apabila Anda mengalami masalah saat sedang hamil, maka yakinlah bahwa masalah itu bisa diatasi. Selain itu, Anda juga harus berpikir bahwa kehamilan adalah anugerah terindah dari Tuhan dan tidak semua wanita mendapatkan anugerah ini. Untuk itu, Anda disarankan agar selalu berpikir positif demi kesehatan  diri sendiri dan calon bayi.

3. Berolahraga

Saat sedang hamil, Anda juga disarankan untuk tetap berolahraga. Jangan takut untuk berolahraga karena malah akan membahayakan kehamilan Anda. Para ahli menyarankan ibu hamil agar berolahraga sedini mungkin. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai, berenang, yoga, dan olahraga lain yang harus dilakukan secara teratur.

4. Latihan relaksasi

Relaksasi adalah upaya mengistirahatkan jiwa dan raga seseorang, sebagai dasar dari berbagai teknik pemberdayaan diri ke dalam bawah sadar seperti Hypnotherapy. Latihan relaksasi ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

5. Perbanyak wawasan

Saat hamil, Anda juga disarankan untuk mempelajari sistem tubuh dan mencoba beradaptasi dengan kondisi fisik yang berbeda dari biasanya. Tumbuhkan keyakinan bahwa itu adalah sesuatu yang normal, bukan gangguan yang menjadi beban. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda juga harus perbanyak wawasan agar kehamilan hingga proses melahirkan berjalan baik-baik saja.

6. Selalu berdoa

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa cemas itu adalah berdoa kepadaNya. Berdoalah agar bisa menjalani kehamilan dengan lancar.

Itulah cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengatasi raca cemas tersebut. Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah stroberi, alpukat, tomat, pisang, dan berbagai jenis sayuran lainnya. Selain itu, jangan mengonsumsi buah anggur, durian, pepaya, dan nanas. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat pada artikel sebelumnya di sini. (NR)

Comment di sini