CiriCara: Cara Membuat Cupcake Terasa Enak

by
December 18th, 2012 at 1:18 pm

CiriCara.com – Saat ini cupcake sudah cukup dikenal masyarakat. Bentuknya yang mungil dan rasanya yang manis ini membuat para pencinta kuliner ketagihan untuk memakannya. Tak heran, banyak gerai atau toko kue yang menjual cupcake.

Padahal, cukup mudah untuk membuat cupcake yang enak. Asalkan Anda mencampur bahan-bahannya dengan tepat, cupcake yang dihasilkan akan enak. Lalu, bagaimana menghasilkan cupcake yang enak?

Dilansir Female.Kompas.com, inilah cara membuat cupcake terasa enak:

1. Pencampuran  bahan

Jika Anda mencampur bahan-bahan pembuat cupcake dengan benar, maka cupcake yang dihasilkan akan enak. April Tunno, pemilik gerai Sparkles Desserts menyarankan untuk menyaring bahan-bahan kering sebelum mencampurkan semua bahannya. Selain itu, Anda harus mengukur tepat bahan-bahan karena ada satu kelebihan bahan bisa mengacaukan adonannya. Agar tidak terjadi gelembung dalam adonan, Anda bisa mencampurkan bahan-bahan tersebut dalam suhu kamar. Jangan juga terlalu lama mengocok adonan karena bisa membuat cupcake lebih rapuh.

2. Menuang adonan

Dilansir sumber yang sama, Catherine Reuhle, pemilik toko kue Sublime menyarankan agar menggunakan sendok es krim untuk meratakan adonan kue. Cara ini membantu Anda dengan membuat cupcake yang sama tinggi dan punya waktu pemanggangan yang sama sehingga memiliki bentuk dan rasa yang sama juga. Namun, pastikan Anda mengisi 3/4 bagian cup saja.

3. Teknik memanggang

Untuk memanggang cupcake sebenarnya tidak terlalu lama, tergantung pada oven dan temperatur. Sebelum Anda memanggangnya, pastikan memanskan oven terlebih dahulu. Jangan lupa juga memeriksa kematangannya dengan cara menusuk dengan tusukan gigi di bagian tengah kue. Pastikan tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi tersebut. Jika tidak ada yang menempel, maka cupcake sudah benar-benar matang. Perlu Anda ketahui untuk tidak terlalu lama memanggang cupcake karena bisa membuatnya jadi gosong dan keras. Jangan lupa juga untuk memutar loyang agar panasnya merata.

4. Teknik penyimpanan

Anda bisa meletakkan cupcake yang sudah matang di rak pendingin agar uap panasnya hilang. Diamkan selama 15 menit atau 1 jam. Jangan pernah Anda menyimpan cupcake dalam lemari es karena bisa membuatnya jadi kering. Alangkah baiknya menyimpan cupcake dalam wadah kedap udara di suhu kamar.

Itulah cara sukses membuat cupcake. Cupcake yang enak bisa Anda buat asalkan benar melakukan cara pembuatannya. Makanan mungil dan cantik ini bisa Anda sajikan untuk memeriahkan hari Natal nanti. (NR)

Comment di sini