CiriCara: Cara Meningkatkan Perkembangan Bicara Si Anak

by
December 18th, 2012 at 4:05 pm

CiriCara.com – Seiring bertambahnya usia si bayi, dia akan mengalami perkembangan. Salah satu perkembangannya adalah berbicara. Untuk merangsang si bayi agar segera bisa berbicara, Anda perlu mengajaknya berbicara.

Walaupun si kecil tak bisa memahami apa yang Anda katakan, namun kebanyakan bayi dan anak-anak belajar mengucapkan kata dan kalimat dari apa yang Anda ucapkan. Bukan hanya mengajaknya bicara saja, ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar meningkatkan perkembangan bicaranya. Bagaimana?

Dilansir Boldsky.com, inilah cara meningkatkan perkembangan bicara si anak:

1. Ajak ngobrol si anak

Keterlambatan bicara membuat bayi Anda tidak tahu banyak kata untuk mengekspresikan dirinya. Untuk itu, Anda disarankan agar sering mengajaknya mengobrol sehingga si bayi bisa mempelajari kata-kata baru dan memperkaya kosa kata. Walaupun si bayi belum bisa berbicara, namun Anda harus sesering mungkin mengajaknya mengobrol.

2. Membacakan cerita

Membacakan cerita adalah cara termudah untuk meningkatkan perkembangan bicara si bayi. Saat membacakan cerita pada aak, Anda bisa menunjukkan bentuk kata dan gambarnya kepada mereka. Selain itu, membacakan buku cerita juga bisa Anda lakukan menjelang tidur. Dengan begitu, anak Anda akan bisa mempelajari banyak kata-kata baru.

3. Menyanyikan lagu

Menyanyi di hadapan si anak bukan hanya untuk menghibur dirinya, tapi juga membantunya menambah kosa kata. Jika ingin anak Anda cepat berbicara, maka jangan malas untuk sering-sering bernyanyi atau mengajaknya bernyanyi.

4. Mengajaknya jalan-jalan

Seorang bayi bisa merasa malu dengan lingkungannya jika Anda tak sering mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah. Jarang mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah bisa menyebabkan masalah keterlambatan bicara si anak. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mengajak jalan-jalan si anak pada sore hari dan membiarkannya bermain bersama teman-temannya. Dengan begitu, si anak juga akan memiliki rasa percaya diri nantinya.

5. Memberikan pendeskripsian suatu benda

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan deskripsi pada barang yang ada di sekitarnya. Misalnya, pena, Anda bisa mengatakan kepadanya bahwa pena digunakan untuk menulis. Memberikan pendeskripsian suatu benda secara berulang bisa mendorong si anak untuk berbicara dan belajar kata yang berbeda.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan agar mendorong anak untuk bisa berbicara. Jika pada usia 2 tahun anak belum juga berbicara, maka Anda perlu konsultasikan ke dokter. (NR)

Comment di sini