CiriCara: Cara Mudah Membersihkan Rumah dan Perkakasnya

by
December 18th, 2012 at 8:01 am

Ciricara.com – Mengurus rumah termasuk perkakasnya bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi jika dilakukan sendiri dan banyak perabotan dan peralatan yang harus dibersihkan. Tentunya akan membuat Anda cukup merasa kelelahan. Belum lagi jika kotoran yang menempel di jendela, lantai, dan perkakas rumah lainnya sulit dibersihkan.

Noda membandel yang menempel di berbagai perkakas rumah itu harus segera dibersihkan. Namun, untuk membersihkannya beberapa ibu rumah tangga menggunakan cairan berbahan kimia kuat. Padahal, cairan berbahan kimia itu bisa merusak kulit, gatal-gatal atau terluka.

Ada cara lain yang bisa  Anda gunakan untuk membuat perkakas rumah menjadi bersih dan kinclong kembali. Bagaimana caranya? Dilansir Huffingtonpost.com, inilah cara mudah membersihkan rumah dan perkakasnya:

1. Gelas kaca

Dengan menggunakan kulit kentang ternyata bisa membuat gelas kaca milik Anda terlihat berkilau seperti baru pertama kali dibeli. Caranya cukup mudah yaitu Anda bisa menggosokkan kulit kentang pada gelas kaca yang sudah tidak terlihat mengkilap lagi.

2. Peralatan perak

Dengan menggunakan kulit pisang, perkakas rumah yang terbuat dariperak bisa kembali bersih. Caranya, Anda cukup menggosokkan kulit pisang pada perkakas berbahan perak.

3. Handuk

Handuk  adalah peralatan yang mudah lembap dan berjamur, serta berbau. Untuk mengatasi jamur dan bau pada handuk, Anda bisa menggunakan baking soda dan air. Caranya, cuci dulu handuk menggunkan baking soda dan air, lalu cuci lagi dengan deterjen biasa dan campurkan seperempat cangkir cuka putih. Dengan begitu, handuk Anda akan kembali harum dan jamur yang menempel akan hilang.

4. Lemari es

Jika Anda banyak menyimpan makanan di lemari es, maka akan cepat kotor dan berbau. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau tersebut yaitu dengan oatmeal. Buka satu kaleng oatmeal, kemudian biarkan dalam lemari es selama beberapa hari. Oatmeal akan menyerap seluruh bau dalam lemari es.

5. Lantai

Lantai yang sudah dibersihkan terkadang masih banyak noda yang menempel. Jika lantai di rumah Anda berbahan kayu keras, maka untuk membersihkannya bisa menggunakan daun teh. Caranya, rendam kain ke dalam teh kemudian gosokkan pada lantai. Seementara untuk lantai yang dilapis, Anda bisa menggunakan dua sendok makan sampo bayi dan dicampu dengan air. Lalu pel lantai hingga mengkilap.

6. Toilet

Biasanya di dalam toilet akan ada banyak noda yang menempel. Untuk membersihkannya, Anda bisa menngunakan sebotol minuman bersoda. Caranya, siramkan minuman bersoda pada semua permukaan toilet yang memiliki noda. Setelah itu, diamkan selama 30 menit lalu Anda baru bisa menggosoknya.

Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah dan perkakasnya menjadi bersih kembali. Membersihkan perkakas rumah dengan cara di atas lebih aman digunakan dibandingkan Anda harus menggunakan cairan berbahan kimia. Bagaimana, Anda mau mencobanya? (NR)

Comment di sini