Dijadikan Sampul Majalah, Rizal Mallarangeng Tuntut Tempo

by
December 18th, 2012 at 8:58 am

Jakarta (CiriCara.com)Rizal Mallarangeng, saudara kandung dari Andi Mallarangeng dan Choel Mallarangeng yang terkena pidana akibat kasus korupsi proyek Hambalang menuntut majalah Tempo. Sebabnya?

Detik

Diberitakan oleh Tempo.co, karena gambar sampul Majalah Tempo edisi 17-23 Desember 2012. Rencananya, Rizal akan mengadukan Tempo ke Dewan Pers karena di dalam sampul, Rizal bersama dua saudaranya digambarkan sedang berdiri sambil memeluk uang.

Cover story ini akan saya tuntut karena cover ini dengan sengaja berniat mempengaruhi pikiran orang lain dengan gambar kami memegang uang ‘karpet’,” kata Rizal dalam konferensi pers di kantor Freedom Institute, Jakarta, Senin, 17 Desember 2012 seperti dikutip Tempo.co.

Di dalam sampul Majalah Tempo itu, Mallarangeng bersaudara digambarkan sedang berdiri di atas perahu seperti sedang memancing. Ketiganya juga terlihat sedang memeluk “ikan” dari gulungan uang pecahan USD 100. Sedangkan Choel Mallarangeng terlihat mengangkat karung berlambang Euro.

Andi berdiri di tengah dan diapit Choel dan Rizal, sedangkan wajah ketiganya terlihat sangat ceria.

Dalam tuntutannya nanti, Rizal tidak ingin menuntut isi majalah Tempo namun hanya gambar sampul yang memuat foto dirinya. Rizal dengan tegas mengatakan bahwa ia sama sekali tak terlibat dan tak berurusan dengan kasus korupsi proyek Hambalang.

Selasa, 18 Desember 2012 ini, Rizal dan pengacaranya akan datang ke Dewan Pers dan berharap agar urusan tentang sampul majalah tersebut bisa selesai nanti ketika berada di Dewan Pers. Jika persoalan ini tidak selesai, maka Rizal akan masuk ke tuntutan perdata. Selain itu Rizal juga meminta pihak Majalah Tempo untuk membuat satu halaman penuh permintaan maaf.

Terkait kasus yang ini, Rizal juga menuntut Majalah Tempo agar menganggarkan dana  untuk membantu Universitas melakukan pendidikan jurnalistik bagi para mahasiswanya.

Sebelumnya, Andi Mallarangeng dan Choel Mallarangeng dilarang bepergian ke luar negeri selama enam bulan untuk penyelidikan kasus korupsi Hambalang dengan Andi Mallarangeng sebagai tersangka utama. Karena penetapan dirinya sebagai tersangka, Andi Mallarangeng lalu mengundurkan diri dari kursi Menpora dan kepengurusan Partai Demokrat. (RN)