Polisi China Tangkap 93 Penyebar Isu Kiamat 2012

by
December 18th, 2012 at 11:40 am

Xinhua (CiriCara.com) – Berita tentang kiamat 21 Desember 2012 sudah tersebar luas meski kebenarannya belum dapat dipastikan.

Reaksi orang-orang terhadap isu kiamat itupun berbeda-beda. Ada yang yakin benar terhadap ramalan suku Maya tersebut yang kini sudah menyebar luas ke seluruh penjuru dunia, hingga mereka khawatir berlebihan, tapi ada pula pihak-pihak yang tidak percaya pada prediksi tersebut.

Daily Star

China paling sering dikabarkan terkait isu kiamat 2012 tersebut. Sebut saja ada beberapa warganya yang memilih untuk membuat bahtera dan bola raksasa untuk tempat berlindung saat kiamat tiba.

Hal ini membuktikan bahwa sebagian besar penduduk dunia percaya pada ramalan suku Maya tersebut.

Kali ini, kasus terkait kiamat 2012 datang dari Xinhua, China. Kepolisian setempat berhasil menangkap 93 orang yang diduga menjadi penyebar isu kiamat berasal dari 7 provinsi yang berbeda di China.

Beberapa orang di antara penyesat itu, terdapat pula anggota sekte sesat yang menamai diri mereka “Almighty God”. Sekte ini sebenarnya sudah dilarang oleh pemerintah.

Tetapi, rupanya mereka mencari orang untuk disuruh menyebarkan kabar burung seputar kiamat 21 Desember 2012 tersebut. Diketahui bahwa para anggota sekte tersebut yakin benar dan terpaku pada ramalan kiamat yang diungkapkan oleh suku Maya.

Dan isu kiamat yang mereka sebarkan ternyata menimbulkan dampak buruk bagi psikologis beberapa orang lainnya.

Dilansir dari Reuters.com, ada seorang pria yang tega menyayat 23 anak SD tak berdosa dan beberapa orang dewasa akibat isu sesat kiamat 2012 yang disebarkan oleh 93 orang tersebut.

Pelaku pembunuhan itu kemudian diketahui bernama Min Yongjun. Setelah penyelidikan, polisi pun mengungkapkan bahwa Min adalah penderita epilepsi jangka panjang yang sudah mulai terganggu jiwanya akibat isu sesat mengenai kiamat 2012 tersebut.

Nyatanya, sekte ini bukan hanya mengacau dengan menyesatkan orang dengan isu kiamat 2012, tapi juga pernah menyerukan pertempuran untuk menyerang kelompok Partai komunis “Red Dragon”.

Oleh karena itu, sekte ini pun sudah dijatuhi hukuman berat. Namun, tampaknya mereka belum jera juga. Akan tetapi, perjuangan untuk meredam isu kiamat tersebut sangat sulit karena perihal kiamat 21 Desember 2012 sudah tersebar luas di dunia maya dengan cepat. (yk)

Reuters

Comment di sini