Presiden SBY Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Malaysia

by
December 18th, 2012 at 4:48 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono siang tadi, Selasa, 18 Desember 2012 akan berangkat ke Kuala Lumpur, Malaysia lewat Bandara Halim Perdanakusuma.

Dilansir dari Kompas.com, menurut Teuku Faizasyah selaku Staf Khusus Bidang Hubungan Internasional, di Kuala Lumpur nanti, Presiden akan mengikuti rapat konsultasi tahunan ke-9 antara Indonesia dan Malaysia.

Presiden SBY juga akan melakukan pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri Malaysia, YM Mohd Najib Tun Razak. Rapat konsultasi tahunan ini akan diikuti oleh menteri dan pejabat tinggi yang melibatkan dua negara.

Dan yang paling menarik, di Malaysia Presiden juga akan menerima gelar doktor kehormatan (Honoris Causa Doctor of Philosophy in Leadership of Peace) yang dianugerahkan oleh Universitas Utara Malaysia.

“Konsultasi tahunan merupakan forum tertinggi dalam mekanisme hubungan bilateral Indonesia-Malaysia. Forum ini akan dimanfaatkan Presiden Yudhoyono untuk membahas upaya penguatan hubungan bilateral serta isu-isu yang menjadi prioritas kedua negara, seperti perlindungan WNI dan TKI, isu perbatasan, perdagangan dan investasi,” kata Teuku Faizasyah dilansir dari Kompas.com.

Rencananya, Presiden juga akan mengangkat masalah penghinaan mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin kepada mantan Presiden ketiga RI, BJ Habibie.

Setelah berkunjung ke Malaysia, SBY akan terbang ke New Delhi, India, besok, 19 Desember 2012 dalam rangka menghadiri acara sesi pleno KTT ASEAN-India. Di kota ini, SBY akan bertemu dengan perwakilan peserta Simposium Internasional 2012 Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia).

Sebelum bertolak ke Malaysia dan India, Presiden SBY sempat menghadiri puncak peringatan Hari Ibu, pagi ini yang diadakan di Gedung SMESCO, Jakarta. Dalam acara itu, SBY sempat menyindir tingkah para pejabat yang tidak menghormati UU Perkawinan. (RN)

Comment di sini